Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH KEMASAN DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IKAN TERI CRISPY (Studi Pada Konsumen UD. Bunga Laut Di Desa Padelegan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan)Penulis : Sofiatul LailiDosen Pembimbing I : Dr. Ir. Nurita Andriani, MMDosen Pembimbing II :Dr. Mohammad Arief, SE., M.MAbstraksi
Sofiatul Laili. 120211100040. 2016. “Pengaruh Kemasan Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ikan Teri Crispy (Studi Pada Konsumen UD. Bunga Laut Di Desa Padelegan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan)”. Dibawah bimbingan Dr. Ir. Nurita Andriani, MM. dan Dr. Mohammad Arief, SE., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemasan dan label halal terhadap keputusan pembelian produk Ikan Teri Crispy (Studi Pada Konsumen UD. Bunga Laut di Desa Padelegan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan). Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasinya adalah keseluruhan konsumen yang pernah membeli dan mengkonsumsi teri crispy di UD. Bunga Laut di Padelegan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan 45 responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan interview (wawancara), kuesioner, observasi dan studi kepustakaan dan menggunakan skala likert untuk mengukur jawaban responden. Untuk menguji instrumen menggunkan uji validitas, uji realibilitas, dan uji asumsi klasik. Sedangkan teknik analisis data yaitu menggunkan analisis regresi linier berganda karena variabel yang digunakan lebih dari dua variabel, dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kemasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk ikan teri crispy, Hal ini berarti semakin baik kemasan yang digunakan maka semakin tinggi pula tingkat proses keputusan pembelian produk ikan teri crispy. Pada variabel label halal tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci : Kemasan, Label Halal, dan Keputusan Pembelian.
AbstractionSofiatul Laili. 120211100040. 2016. The Effect of Packaging and Labeling of Halal on Purchasing Decision of Crispy Anchovies Product (Study on the Consumers of UD. Bunga Laut at Pedelegan Village Pademawu Sub district Pamekasan Regency). Under the guidance of Dr. Ir. Nurita Andriani, MM. and Dr. Mohammad Arief, SE., M.M. The aims of this study are to know and analyze the effect of packaging and labeling of halal on purchasing decision of Crispy Anchovies product (Study on the Consumers of UD. Bunga Laut at Pedelegan Village Pademawu Sub district Pamekasan Regency). This study uses quantitative research. The population is all of the consumers who have ever bought and consumed the crispy anchovies at UD. Bunga Laut Pedelegan. The sampling technique uses purposive sampling with 45 respondents. Technique of collecting data is using interview, questionnaires, observation, and study of literature, and uses likert scale to measure the respondents’ answer. To test the instruments, validity test, reliability test, and classic assumption test are used. Whereas, the technique of analysis data uses multiple linier regression analysis because variables which used are more than two variables, with F test and t test. The results of this study show that packaging variable has positive and significant effect on purchase decision of crispy anchovies product. It means that the better packaging which is used, the higher level of purchase decision process of crispy anchovies product. The labeling of halal variable does not have any significant effect on purchase decision. Keywords: Packaging, Labeling of Halal, and Purchasing Decision.