Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA INDOMARET DI KOTA PAMEKASAN (Studi Pada Indomaret Di JL. Kabupaten No. 11-13, Pamekasan)Penulis : FACHRIZAL VIDRYAR MAULANADosen Pembimbing I : Dr. H. Pribanus Wantara, Drs, MMDosen Pembimbing II :Yudhi Prasetya Mada S.E., M.MAbstraksi
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian pada Indomaret di Kota Pamekasan dan mengetahui faktor dominan yang dipertimbangkan dalam mengambil keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan 112 responden dan dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kepustakaan, dan kuesioner. Dengan teknik analisis data menggunakan analisis faktor. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa terdapat 8 faktor yang dipertimbangkan dalam mengambil keputusan pembelian pada indomaret di kota pamekasan, dengan Faktor Pelayanan sebagai faktor dominan yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam mengambil keputusan pembelian, yang kemudian diikuti oleh faktor-faktor lainnya yaitu Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologi, Faktor Promosi, Faktor Produk, Faktor Distribusi, dan Faktor Modernisasi. Dari hasil penelitian ini dapat terlihat bahwa terjadi perkembangan pola pikir konsumen tentang faktor yang dipertimbangkan dalam keputusan pembelian yaitu tidak hanya pada bauran pemasaran saja, tetapi justru lebih dominan pada faktor yang berhubungan langsung dengan karakteristik konsumen. Kata kunci: Analisis Faktor, Keputusan Pembelian, Pemasaran, Ritel, Pelayanan, Sosial, Pribadi, Psikologi, Promosi, Produk, Distribusi, Modernisasi.
AbstractionThe purpose of this study was to know the factors that considered by consumers in making purchasing decision in Indomaret in Pamekasan town and to know the dominant factor which is considered in making purchase decision. This study uses quantitative approach with sampling technique uses accidental sampling with 112 respondents and technique of collecting data uses interview, literature, and questionnaire methods. The technique of data analysis uses factor analysis. The factor analysis results show that there are 8 factors which are considered in making purchase decision in Indomaret in Pamekasan town, with Service Factor as the dominant factor which is considered by the consumers in making purchasing decision, then followed by other factors such as Social Factor, Personal Factor, Psychological Factor, Promotion Factor, Product Factor, Distribution Factor, and Modernization Factor. From the results of this study, it can be found that there is a development of consumers mindset about the factors which considered in the purchase decision that is not only in marketing mix alone, but also even more dominant on the factors that directly related to the characteristics of the consumer. Keywords: Factor Analysis, Buying Decision, Marketing, Retail, Service, Social, Personal, Psychology, Promotion, Product, Distribution, Modernization.
Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal