Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH JENIS-JENIS KEMAMPUAN TERHADAP PRESTASI MAHASISWA DALAM MENYUSUN SKRIPSI PADA JURUSAN MANAJEMEN UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
    Penulis : Dian Nur Hayati
    Dosen Pembimbing I : Dr. Hj. Iriani Ismail, Dra., MM
    Dosen Pembimbing II :Drs. Hj. S. Anugrahini Irawati, MM.
    Abstraksi

    Dian Nur Hayati, 120211100010. “Pengaruh Jenis-Jenis Kemampuan Terhadap Prestasi Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura”. Di bawah bimbingan Dr. Hj. Iriani Ismail, Dra., MM dan Dra. Hj. S. Anugrahini Irawati, MM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Universitas Trunojoyo Madura, untuk mengetahui apakah kemampuan kognitif berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Universitas Trunojoyo Madura, untuk mengetahui apakah kemampuan fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Universitas Trunojoyo Madura. Untuk mengetahui apakah kemampuan intelektual, kemampuan kognitif dan kemampuan fisik berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura. Untuk mengetahui variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang populasinnya adalah mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Universitas Trunojoyo Madura yang berjumlah 168. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 63 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel Cluster Sampling. Berdasarkan hasil analisa regresi linier berganda, 1) Secara parsial kemampuan intelektual, kemampuan kognitif dan kemampuan fisik berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa, 2) Secara simultan kemampuan intelektual, kemampuan kognitif dan kemampuan fisik berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. 3) Variabel kemampuan intelektual berpengaruh lebih dominan dengan nilai (B) 0.543. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Hasil analisis determinasi menunjukkan R2 sebesar 78%. Kata Kunci: Kemampuan Intelektual, Kemampuan Kognitif, Kemampuan Fisik Dan Prestasi Belajar Mahasiswa. ?

    Abstraction

    Dian Nur Hayati, 120211100010.”The Effect Of Types Of Capabilities On The Achievement Of Students In Preparing Thesis At Management Major Of Faculty Of Economics Of University Of Trunojoyo Madura”. Under the guidance of Dr. Hj. Iriani Ismail, Dr. MM and Dra. Hj. S. Anugrahini Irawati, MM. The aims of this study are to know whether the intellectual ability has a significant positif effect on the achievement of students in Management Major of Faculty of Economics of University of Trunojoyo Madura, to know whether the cognitive ability has a significant positive effect on the achievement students in Management Major of Faculty of Economics of University of Trunojoyo Madura, to know whether physical ability has a significant positive effect on the achievement of students in Management Major of Faculty of Economics of University of Trunojoyo Madura. To know whether the intellectual ability, cognitive ability and physical ability simultaneously give a significant positive effect on the achievement of students in management Major of Faculty of Economics of University of Trunojoyo Madura. To know which variable that has dominant effect on the achievement of student in Management Major of Faculty Economics of University of Truunojoyo madura. This study uses quantitative method that the population is the students of Management Major of Faculty of Economics of University of Trunojoyo Madura with the total students is 168. The samples are 63 students by using Cluster Sampling technique. Based on the results of multiple linier regression analysis that: 1) Partially, intellectual ability, cognitive ability and physical ability affect the achievement of the students. 2) Simultaneous, intellectual ability, cognitive ability and physical ability affect the achievement of the students. 3) The variable of intellectual ability has dominant effect with the value (B) of 0,543. Based on the results, it found that hypothesis is accepted. The result of determination analysis show R2 is 78%. Key words: Intellectual ability, cognitive ability, physical ability and the achievement of students.

Detail Jurnal