Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    ABSTRAK Koperasi Syariah Nuri yang ada di Pamekasan adalah koperasi yang sudah berdiri sejak tahun 2009, dan mulai beroperasi pada tahun 2010, namun dalam rentang waktu sampai tahun 2015 telah tercatat sekitar 5.274 nasabah. Jumlah ini tentunya bukan jumlah yang sedikit untuk sebuah koperasi yang keberadaannya masih baru. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengkaji mengenai apakah minat nasabah ini dipengaruhi oleh pelayanan yang diberikan dan keragaman produk yang ada ditawarkan oleh Koperasi Syariah Nuri Pamekasan itu, atau disebabkan oleh faktor yang lain. Rumusan masalah yang akan dibahas pada penelitian ini adalah “bagaimana penerapan pelayanan dan keragaman produk, serta bagaimana pengaruh pelayanan dan keragaman produk terhadap minat nasabah di Koperasi Syariah Nuri Pamekasan”. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Dalam proses pengumpulan datanya, peneliti menggunakan instrument penyebaran kuesioner, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Sedangkan dalam proses analisis data, peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan bantuan ilmu statistik yaitu program SPSS versi 16.0. Dengan munguji instrumen data, menguji asumsi klasik, menguji hipotesis, dan menguji regresi linear berganda. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : (1) Penerapan pelayanan di Koperasi Syariah Nuri Pamekasan dilakukan dengan cara mendatangi calon nasabah langsung, mengucap salam kepada nasabah dengan berdiri dan menjadikan nasabahnya sebagai raja, sehingga kebutuhan nasabah menjadi prioritas bagi Koperasi Syariah Nuri Pamekasan. Sedangkan, untuk keragaman produk di Koperasi Syariah Nuri Pamekasan menawarkan produk yang cukup bervariasi antara lain sebagai berikut: tabungan yaitu (mud}a>rabah / umum, berjangka, hari raya idul fitri, ibadah qurban, pendidikan, dan haji) dan produk pembiayaan yaitu (mud}a>rabah, mura>bah}ah, musya>rakah, al-qardu al-h}asan, hiwa>lah). (2) Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas, variabel independen dan dependen sudah valid dan reliabel. Dan berdasarkan uji T, pengaruh pelayanan kurang signifikan dan untuk keragaman produk berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah. Dan berdasarkan uji F, pelayanan dan keragaman produk secara serentak tidak mempengaruhi minat nasabah. Dan berdasarkan uji regresi linear berganda, pelayanan berpengaruh negatif terhadap minat nasabah, dan keragaman produk berpengaruh positif terhadap minat nasabah. Kata Kunci: Pelayanan dan keragaman produk, minat nasabah, dan Koperasi Syariah Nuri Pamekasan.

    Abstraction

    ABSTRACT Nuri moslem law cooperation in Pamekasan is the cooperation has built since 2009, and begin to operate on 2010, but on the whole time until 2015 have been noted about 5.274 customers. These quantity certainly are not a few quantity for the new existence cooperation. Therefore, this research will inspect about what the customers interests are influenced by the service which are given and the variety products which are provided by Nuri moslem law cooperation Pamekasan, or are caused by other factors. The formulation problems will be discussed on this research are ’’ how the application service and variety products, and how the the service influence and variety products for the customers interest in Nuri moslem law cooperation Pamekasan’’. This research type is the quantitative research. In the process of data collecting, the researcher uses questioner distributing instrument, documentation, interview, and observation. While, in process data analysis, the researcher uses descriptive quantitative methods with helping statistic science and the name is program SPSS version 16.0. By examining data instrument, examine classic assumptions, examine hypothesis and double linear regulation exam. The conclusions from this research are: (1) Service applications in Nuri moslem law cooperation Pamekasaan is done by visiting the candidate customers directly, saying salam to customers by standing and being the customers as king, so the customers need are being priority for Nuri moslem law cooperation Pamekasan. While, for the variety products in Nuri moslem law cooperation Pamekasan provide products which are enough variation, such as : saving (mud}a>rabah / general, ranged, Idul Fitri Day, qurban prayed, educations, and pilgrim) and financing products, they are : (mud}a>rabah, mura>bah}ah, musya>rakah, al-qardu al-h}asan, hiwa>lah). (2) Based on validation exam and reliability, independent variable and dependent have valid and reliable. And based on T exam, service influence are lack of significant and for variety products are significant influenced to customers interest. And based on F exam, service and variety products jointly do not influence customers interest. And based on double linear regulation exam the service are negative influenced for customers interest, and variety products are positive influenced for customers interest. Key Words: service and variety products, customers interest, and Nuri moslem law cooperation Pamekasan.

Detail Jurnal