Detail Karya Ilmiah
-
LABEL SYARIAH SEBAGAI FAKTOR PENDORONG PREFERENSI MAHASISWA EKONOMI SYARIAH DAN HUKUM BISNIS SYARIAH KEPADA BANK SYARIAH (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keislaman Universitas TrunojoyoPenulis : Moh YasinDosen Pembimbing I : Dr. Abdurrahman.,S.Ag.,M.EIDosen Pembimbing II :Abstraksi
ABSTRAK Perkembangan Perbankan dan Keuangan Syariah di Indonesia yang merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam merupakan suatu hal yang positif. Hal tersebut melatar belakangi penelitian ini. serta mendorong peneliti untuk mengetahui hal berikut: (1) bagaimana pandangan Mahasiswa terhadap Bank Syariah, (2) bagaimana Label Syariah menjadi Faktor Pendorong Preferensi Mahasiswa. Secara khusus penelitian ini untuk mengetahui bagaimana sebenarnya peran Label Syariah terhadap Preferensi mahasiswa kepada Bank Syariah. Penelitian ini, menggunakan metode kualitatif deskriptif. Peneliti menggali data di lapangan dengan survei, catatan lapangan dan wawancara mendalam kepada para informan yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif Miles dan Huberman. data diperiksa keabsahannya dengan triangulasi waktu, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi dan ketekunan pengamatan agar data yang diperoleh menjadi valid. Penelitian ini berlokasi di Prodi Ekonomi Syariah dan Hukum Bisnis Syariah Fakultas Ilmu-ilmu Keislaman Universitas Trunojoyo Madura, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan. Hasil penelitian ini, dideskripsikan melalui pemaparan berbagai informasi dari temuan data selama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kesamaan pendapat tentang label di kalangan informan walaupun dengan kalimat yang berbeda. Tidak semua mahasiswa syariah menjadi nasabah Bank Syariah. Tidak semua Mahasiswa Syariah memiliki pandangan positif terhadap Bank Syariah. Label Syariah menjadi Faktor Pendorong Preferensi sebagian nasabah dan tidak pula menjadi Pendorong Preferensi bagi sebagian lainnya. Kata Kunci: Label Syariah, Preferensi, Bank Syariah.
AbstractionABSTRACT The development of syariah finance and banking in Indonesia is a positive matter, considering that the majority of Indonesian citizen are muslim. This phenomenon become the background of the study and it pushes the researcher ahead to acquire more about: (1) the students perception on syariah bank, (2) whether the label of syariah becomes the supporting factor of students preferences. In specific, the study focuses on determining the actual role of syariah label on students preferences towards syariah bank. The study applies descriptive qualitative method. The researcher obtaining data on field by using survey, records and in-depth interview to selected informants based on purposive sampling. Qualitative descriptive analysis technique by Miles and Huberman is the instruments form analyzing the data obtained. The data is checked for its validity by using time triangulation and peer examination through in-depth observation and discussion in order to obtain valid data. The location of the study is in the department of Syariah Business law and Syariah Economic, Faculty of Islamice Sciences, University of Trunojoyo Madura, Kamal district, Bangkalan Region. The result of the study is described through presentation of various information on the findings during the research. Next, it shows that there is a common opinion about the label in informants point of view, eventhough the statements are different each other. It states that not all students come from syariah department become the customer of syariah bank. Not all students of syariah department has a positive perception about syariah bank. The label of syariah possibly become the supporting factor of preference for some customers but it not also become the supporting preference for some others. keywords: Label of Syariah, Preference, Syariah Bank.