Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Menggunakan Produk Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus BPRS Madinah Lamongan)
    Penulis : SITI ANISYAH
    Dosen Pembimbing I : Dony Burhan Noor Hasan, Lc, M.A
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Menggunakan Produk Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus BPRS Madinah Lamongan). Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengaruh strategi marketing mix syariah terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan murabahah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh marketing mix terhadap keputusan nasabah dan variabel apakah yang sangat dominan dalam mempengaruhi nasabah. Metodologi penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang menggunakan produk pembiayaan murabahah yang berjumlah 481 nasabah. Sedangkan teknik pengambilan sampel adalah diambil dari 20-25% dari jumlah populasinya, maka sampel yang diambil adalah sebanyak 110 nasabah. Untuk menjawab hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa product (X1), price (X2), place (X3) dan promotion (X4) berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan murabahah, nilai probabilitas F-hitung (0,000) < lavel of significant (0,05). Sedangkan variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan murabahah adalah variabel price dengan nilai sebasar 0,234.

    Abstraction

    ABSTRACT The influence of Marketing mix on customer decisions in consuming murabahah financing product (case study on BPRS madinah, Lamongan). The background of the study is the influence of syariah marketing mix strategy on customer decision in consuming murabahah financing product. The research problem are to determine the amount influence of marketing mix on customer decision and the dominant variable that influence the customer. The research methodology is quantitative. Samples and population are the overall customers that consume murabahah financing product as many as 481 customers. Samples collecting technique applied is taken from 20-25% from the total population, then the samples used are only as many as 110 customers. Multiple linear regression is the instrument for answering the research hypothesis. The results of the study show that product (X1), price (X2), place (X3) and promotion (X4) influence the customer decision on consuming the murabahah financing product, the probability value of F¬count (0,000) < Level of significant (0,05). In the other side, the dominant variable that influences costumer in consuming murabahah financing product is price within the value is 0,234.

Detail Jurnal