Detail Karya Ilmiah
-
EFEKTIVITAS PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH (Studi Kasus Pada PT. Bank BRI Syariah KCP Bangkalan)Penulis : Siti SulaihahDosen Pembimbing I : Dony Burhan Noor Hasan,Lc., M.ADosen Pembimbing II :Abstraksi
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kegiatan promosi produk pembiayaan mura>bah}ah PT. Bank BRI Syariah KCP Bangkalan dan untuk mengetahui efektivitas promosi untuk meningkatkan volume penjualan produk pembiayaan mura>bahah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode interview (wawancara) dan metode dokumentasi. Peneliti menggunakan wawancara bebas terpimpin dan wawancara perorangan. Hasil penelitian ini, dideskripsikan melalui pemaparan berbagai informasi dari temuan data selama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT. Bank BRI Syariah adalah melalaui periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan dan publisitas. Periklanan dengan menggunakan media perantara radio dan brosur, sedangkan penjualan pribadi dengan mengunjungi calon nasabah secara langsung baik kerumah maupun tempat usahanya. Efektivitas promosi dapat dilihat dengan menggunakan pendekatan sasaran, sumber, dan proses. Selain itu juga menggunakan bentuk promosi penjualan pribadi, menjaga relasi yang sudah ada, memberikan pelayanan terbaik dan meberikan kenang-kenangan. Kata Kunci: Teori Efektivitas, Promosi, Volume Penjualan, Mura>bah}ah.
AbstractionABSTRACT This study is conducted to know the promotion activity of mura>bah}ah financing products at PT. Bank BRI Syariah KCP Bangkalan and to know the effectiveness of the promotion to increase the sales volume of mura>bah}ah financing products. Method of this study is interview that is interviewing the respondents that answer the problem which is going to be analyzed. And the last is documentation method that is written data which related to the research object, such as banking archives and brochures that contained in the bank. The results of this study are described through the explanation of some information and data findings during the research. The results of the study show that there is a common ground between PT. Bank BRI Syariah KCP Bangkalan and the customers that the promotion activity is done by establishing the relationship first through family, friends, and neighbors. Kind of promotion which is often used is personal selling because it is considered as the most effective way and does not need an intermediary, so that the customers are easier to know and understand. Keywords: Theory of Effectiveness, Promotion, Sales Volume, Mura>bah}ah.