Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Persepsi dan Respon Pedagang Muslim terhadap Keberadaan BMT-UGT Sidogiri Capem Socah
    Penulis : Imroatul Azizah
    Dosen Pembimbing I : Dony Burhan Noor Hasan L.C.,M.A
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Lembaga Keuangan Syariah non bank yang keberadaannya masih baru di Desa Socah adalah BMT-UGT Sidogiri. Dengan keberadaan yang masih 1,5 tahun sudah mempunyai jumlah nasabah yang semakin banyak dari Juni 2013 hingga Desember 2015 mencapai 1.338 nasabah. Nasabah yang paling banyak menjadi anggota adalah nasabah yang pekerjaannya sebagai pedagang. Pedagang yang menjadi nasabah di BMT-UGT Sidogiri sebanyak 153 orang. Mengingat hal itu maka perlu dilakukan penelitian mengenai analisis persepsi dan respon pedagang muslim Desa Socah terhadap keberadaan BMT-UGT Sidogiri Capem Socah. Dengan rumusan masalah yaitu bagaimana persepsi pedagang muslim Desa Socah terhadap keberadaan BMT-UGT Sidogiri dan bagaimana respon pedagang muslim Desa Socah terhadap BMT-UGT Sidogiri Capem Socah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi dan respon masyarakat pedagang muslim Desa Socah terhadap keberadaan BMT-UGT Sidogiri Capem Socah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode lapangan (field research) dan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam melakukan analisis data peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu reduksi data. Penyajian data dan juga penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian in menggunakan triangulasi kejujuran peneliti dan triangulasi sumber data. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberadaan BMT-UGT Sidogiri di desa Socah merupakan suatu rangsangan yang menimbulkan persepsi yang sama, dari kalangan pedagang muslim sebagai nasabah sebesar 98% mengatakan sistem operasional dan pelayanannya bagus dan sebesar 2% biasa-biasa saja. Persepsi pedagang muslim non nasabah terhadap keberadaan BMT-UGT Sidogiri sebesar 60% mengatakan operasional dan pelayanannya BMT-UGT Sidogiri bagus sedangkan sebesar 40% mengatakan bahwa BMT-UGT Sidogiri biasa-biasa saja. Respon pedagang muslim sebagai nasabah terhadap keberadaan BMT-UGT Sidogiri sebesar 98% sangat responsif menjadi nasabah karena tempatnya dekat dan terjangkau sedangkan sebesar 2% tidak responsif, sehingga tidak menjadi nasabah di BMT-UGT Sidogiri. Respon pedagang non nasabah sebesar 5% sangat responsif terhadap keberadaan BMT-UGT Sidogiri sedangkan sebesar 95% tidak responsif terhadap keberadaan BMT-UGT Sidogiri Capem Socah sehingga banyak pedagang muslim menjadi nasabah. Banyak pedagang muslim yang tertarik menjadi nasabah di BMT-UGT Sidogiri Capem Socah, namun pedagang muslim mengatakan bahwa akan menjadi nasabah jika mempunyai penghasilan yang lebih.

    Abstraction

    Perception and Response Analysis of the Existence of Muslim Traders BMT-UGT Sidogiri Capem Socah. Sharia non-bank financial institutions whose existence is still new in the village of BMT-UGT Socah is Sidogiri. In the presence of which was 1.5 years already has a growing number of customers from June 2013 to December 2015 to reach 1,338 customers. Customers most widely become members are customers who work as a trader. Traders who become customers in BMT-UGT Sidogiri many as 153 people. Considering it is necessary to do research on the perception and response analysis Muslim traders Socah village on the existence of BMT-UGT Sidogiri Capem Socah. With the formulation of the problem is how the perception of Muslim merchants Socah village on the existence of BMT-UGT Sidogiri and how Muslim traders Village Socah response to BMT-UGT Sidogiri Capem Socah. The purpose of this study to determine the public's perception and response to Muslim traders Socah village on the existence of BMT-UGT Sidogiri Capem Socah. This research is a qualitative research method of (field research) and the data collection researchers using interviews and documentation. Meanwhile, in the analysis of data the researcher used descriptive qualitative method of data reduction. Presentation of data and drawing conclusions. Test the validity of research data using triangulation honesty in research and triangulation of data sources. This study concluded that the presence of BMT-UGT Sidogiri Socah village is a stimulus that causes the same perception, of the Muslim merchants as customers by 98% said operating system and the service is good and 2% mediocre. Muslim traders non customer perception of the existence of BMT-UGT Sidogiri 60% said operational and service BMT-UGT Sidogiri good, while 40% say that the BMT-UGT Sidogiri mediocre. Muslim merchants as customers' response to the presence of BMT-UGT Sidogiri of 98% is very responsive as a customer because it's close and affordable while 2% is not responsive, so it does not become a client in BMT-UGT Sidogiri. Response traders by 5% non-customers are very responsive to the presence of BMTUGT Sidogiri while 95% are not responsive to the presence of BMT-UGT Sidogiri Capem Socah so many Muslim traders become customers. Many Muslim traders who are interested in becoming customers in BMT-UGT Sidogiri Capem Socah, but Muslims traders said that would be if the customer has a higher income.

Detail Jurnal