Detail Karya Ilmiah
-
Persaingan Usaha UKM Dalam Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada UKM Tas Kecamatan Tanggulangin)Penulis : Ela Sindhi PradhitaDosen Pembimbing I : Lalilatul Qadariyah, S.HI., M.EI.Dosen Pembimbing II :Abstraksi
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya permasalahan dalam persaingan bisnis yang terjadi pada UKM tas di kecamatan Tanggulangin yang dilihat dari sudut pandang etika bisnis Islam. Fokus permasalahan yang akan dibahas adalah: (1) Bagaimana persaingan usaha pada UKM tas di kecamatan Tanggulangin (2) Bagaimana persaingan usaha pada UKM tas di kecamatan Tanggulangin dalam prespektif Etika Bisnis Islam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Deskriptif berarti mengambarkan persaingan usaha yang terjadi di UKM tas kecamatan Tanggulangin, dan analisis berarti menganalisis menggunakan data penelitian yang diambil dari buku-buku etika bisnis Islam. Penelitian diperoleh dari dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pemilik UKM yang berada di wilayah Tanggulangin. Dari hasil penelitian ini, persaingan usaha yang terjadi di UKM tas kecamatan Tanggulangin adalah meniru model tas, persaingan harga dengan model yang sama dengan kualitas yang sama, persaingan harga dengan model tas yang sama dengan kualitas tas yang berbeda dan pemberian diskon untuk stok tas model lama. Menurut etika bisnis Islam dapat dikatakan seimbang atau adil karena tas dengan model yang sama namun dengan dengan kualitas yang berbeda memiliki haga yang berbeda pula, dan juga persaingan usaha yang dilakukan di UKM tas kecamatan Tanggulangin sebagai persaingan sempurna dalam etika bisnis Islam.
AbstractionThe background of the study is triggered by the occurence of business competition in field of UKM focused on bag in Tanggulangin district. This phenomenon is studied on the perspective of Islmaic Business Ethics. The focus of problems to be discussed are: (1) how is the business competition on UKM focused on bag in Tanggulangin district. (2) how is the business competition on UKM focused on bag in Tanggulangin district viewed on the perspective of Islamic business ethics. The study applies qualitative approach using descriptive analysis. Descriptive means describe the business competition occured in UKM focused on bag in Tanggulangin district. Afterward, analysis which means analyzing on data of research taken from books of Islamic business ethics. The study obtaines from the result of observation, interview and documentation by the owner of UKM focused on bag at Tanggulangin district. From these results business competition which occurred in UKM focused on bag in Tanggulangin district are imitate model of bag, price competition with same model and same quality, price competition with different models and different quality and last granting discounts for bag older models. According Islamic business ethics can be categorized balance or fair because bag with same models but different quality has different price, and business competition in UKM focused on bag in Tanggulangin districtis perfect competition on Islamic bussines ethics.