Detail Karya Ilmiah

  • PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK CERITA BERLAPIS UNTUK MELATIH KETERAMPILAN SISWA SD DALAM BERCERITA
    Penulis : LAELA ROKHMATUL KAROMAH
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Ira Fatmawati, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Di lapangan pada umumnya siswa masih belum mampu bercerita dengan baik dan menarik, karena masih membawa buku ketika bercerita. Maka dari itu dibutuhkan media cerita yang dapat membantu siswa untuk terampil bercerita. Untuk itu peneliti menggunan media cerita kotak cerita berlapis yang lebih inovatif dan menarik perhatian siswa.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari pengambilan data, telaah data, reduksi data, penyusun data, pemeriksaan keabsahan data, dan penafsiran data.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penggunaan media kotak cerita sangat menarik bagi siswa SD kelas V, karena menarik dan inovatif sehingga dapat memudahkan siswa SD dalam bercerita. Bahkan tanpa membaca dan menghafal teks cerita siswa SD dapat bercerita dengan baik menggunakan kotak cerita berlapis. Kata kunci: kotak cerita, keterampilan bercerita, siswa SD

    Abstraction

    Generally, student is not able to tell a story well and interested. They still need to open a story book when telling a story. Therefore, the existance of media is really needed to help students in telling story easily and skillfully. Reseacher decides using layered story box as a media to tell a story that considered more inovative in drawing students’ attention.The study applies descriptive qualitative method. Data collection is conducted through observation, interviews and documentation. Data triangulation is conducted to keep data validity. Analysis of data is started from data collection, data analysis, data reduction, data preparation, data validity checking and data interpretation.Based on the result of study, it can be concluded that: (1) the used of story box is very interisting for elementary student at grade V because it considered interisting and inovative that can easily help students in telling story. Even without opening a story book or remembering the story text, an elementary student is able to tell story well using the layered story box. Keywords: Story box, telling skill, student elementary school

Detail Jurnal