Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA (STUDI PADA KELAS V SDN KEMAYORAN 01 BANGKALAN)Penulis : Sholihatul FitriahDosen Pembimbing I : Drs. Harun Al Rasyid, M. SiDosen Pembimbing II :M. Busyro Karim, S. Ag., M. SiAbstraksi
Kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan siswa dalam memahami dan kemampuan menyesuaikan tingkah laku dengan lingkungan yang ada disekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh metode pembelajaran TPS terhadap kecerdasan interpersonal. Penelitian ini termasuk penelitian kuantutatif eksperimental design. Populasi yang digunakan 105 siswa pada kelas V, sedangkan sampel yang digunakan 70 siswa. Tes yang digunakan berupa tes kecerdasan interpersonal. Hasil analisi validasi ahli diperoleh keterangan sangan baik, dan hasil analisis dengan menggunakan rumus product moment diperoleh 21 soal valid namun hanya 20 soal yang digunakan sesuai dengan nilai validitas yang paling tinggi. Uji reliabilitas tes kecerdasan interpersonal diperoleh korelasi sebesar 0,698 termasuk dalam kategori tinggi. Hasil penelitian yang telah dianalisi menghasilkan adanya pengaruh positif dari penggunaan metode pembelajaran think pair share berbasis pendekatan saintifik terhadap kecerdasan interpersonal. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil uji hipotesis dengan diperoleh thitung =2,530 dan ttabel = 2,034. Berdasakan kriteria pengujian apabila diperoleh thitung lebih besar dari t tabel makan Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan penentuan kriteria tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran think pair share dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa melalui kegiatan-kegiatan proses pembelajaranya.
AbstractionInterpersonal inteligence is a strudents’ability to understanding and adapting their behavior with their surrounding. This study is aimed to know the effect of TPS learning method to the interpersonal intelegence. This study is a kind of quantitative experimental research design. The population which used is 105 students at fifth grade, while the sample is 70 students. The test which used is interpersonal intellegence. The result of experts’validity is very good, and the result analysis by using product moment formula are obtained that 21 quetions are valid, but only 20 questions are used based on the highest validity values. The reliability test of interpersonal intellegence is gained that the correlation is 0,698 and include into high category. The results of the study which are analyzed show that there is a positive effect of the using of think pair share learning method on the basis of scientific approach to the interpersonal intellegence. It can be knownfrom the result of hypthesis test wich gained that ttest = 2,530 and ttable = 2,034. Based on the testing criteria, ttest is higher than ttable, so that Ha is accepted an Ho is rejected. Based on that criteria determination, it can be concluded that think pair share learning method can improve students’ interpersonal intellegence through the activities in their learning process.