Detail Karya Ilmiah

  • IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (SPBM) DALAM PEMBELAJARAN MATERI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH DASAR BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SDN PEJAGAN 1 KELAS V
    Penulis : Yemima Natalia
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.Si
    Abstraksi

    Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru dengan menggunakan implementasi Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) dalam pembelajaran materi Ilmu Pengetahuan Sosial pada kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data, dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, display data, dan mengambil kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Implementasi Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) dalam pembelajaran materi Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar berdasarkan kurikulum 2013 pada pelaksanaan pembelajaran sangat baik untuk diimplementasikan, (2) Guru wali kelas lima SDN Pejagan 1 Bangkalan sudah paham tentang implementasi Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM). Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM), Ilmu Pengetahuan Sosial, Kurikulum 2013.

    Abstraction

    The purpose of this study is to determine the learning implementation conducted by teacher using Problem Based Learning Strategy relate to social subject based on 2013 curriculum. The study applies descriptive qualitative for the research design. Data collecting is conducted by using interviews, observation and documentation. Data validity check is conducted through data triangulation section. Data analysis starts from data reduction, data display and conclusion. Based on the result of study, it can be concluded that: (1) Problem Based Learning Strategy Implementation in social learning for elementary based on 2013 curriculum is considered very good to be implemented, (2) Homeroom teacher of grade V in Pejagan 1 Bangkalan has already understood with the implementation of Problem Based Learning Strategy. Keywords: Problem Based Learning Strategy, Social Subject, 2013 Curriculum.

Detail Jurnal