Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFMAKE A MATCH PADA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN LANGKAP 2 BURNEHPenulis : Siti ReziyahDosen Pembimbing I : Eva Ari Wahyuni, S.Pd., M. SiDosen Pembimbing II :Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.SiAbstraksi
Siti Reziyah. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match pada Materi Cahaya dan Sifat-sifatnya terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Langkap 2. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I Eva Ari Wahyuni, S.Pd., M.Si. Pembimbing II Fatimatul Munawaroh, S.Si,. M.Si. ABSTRAK Penelitian “Pengaruh model pembelajaran kooperatifmake a match pada materi cahaya dan sifat-sifatnya terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Langkap 2 Burneh”bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatifmake a match terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif setelah pembelajaran yang diperoleh melalui hasil postest. Penelitian ini dilakukan di SDN Langkap 2 Burneh dengan fokus pembelajaran materi cahaya dan sifat-sifatnya. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Mei 2015. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen, menggunakan Quasi Experimental Design, dengan rancangan nonequivalet control group design dengan dua macam perlakuan yang berbeda di dua kelas. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, yaitu Kelas Va dan Vb. Kelas Va sebagai kelas kontrol, dan kelas Vb sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen Tes Hasil Belajar berupa soal pilihan ganda sebanyak 21 soal dan lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar observasi aktivitas siswa.Hasil lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif make a match yaitu dengan rata-rata 3,5 berkategori baik, sedangkan pada kelas kontrol dengan menerapkan metode ceramah diperoleh rata-rata 3,1 berkategori cukup baik. Hasil penelitian dari uji signifikansi diperoleh Thitung= 2,485 >Ttabel2,405 menyatakanbahwa H_0 ditolak dan Ha diterima. Dari analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh model pembelajaran kooperatif make a match pada materi cahaya dan sifat-sifatnya terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Langkap 2 Burneh”. Kata Kunci : Make a match, ceramah, hasil belajar, materi cahaya dan sifat-sifatnya
AbstractionSiti Reziyah. 2015. The influence of the learning model make a match on a light material and its properties to the learning outcomes of students in grade 5 SDN Langkap 2. Thesis, courses primary school teacher education, teacher training and science education faculty, university trunojoyo. Supervisor 1 Eva Ari Wahyuni, S.Pd, M.Si. Supervisor 2 Fatimatul Munawaroh, S.Si, M.Si. ABSTRACT The aims of research “theinfluence of the cooperative learning model make a match on a light material and its properties to the learning outcomes of students in grade 5 SDN Langkap 2 Burneh” was determine the effect of cooperative learning models make a match against cognitive learning outcomes of students after learning gained through posttest results. This research was conducted in SDN Langkap 2 Burneh with learning focus light material and its properties. This research was conducted in april-may 2015. This research is experimental method, using a quasi-experimental design, with nonequivalent control group design with two kinds of different treatments on two classes. The samples are saturated samples, the class Va dan Vb. Class Va as control class and the class as class experiment Vb. The research instrument used is the achievment test in the form of multiple choice questions were 21 questions and observation sheet consisting of observation sheet implemented learning and student activity observation sheet. Results of feasibility study on the observation sheet experimental class by implementing cooperative learning model make a match gained an average of 3,5 categorized good, while in the control class by aplplying the lecture method gained an average of 3,1 categorized quite good.The results of the tests of significance was obtained Thitung= 2,485 >Ttabel2,405 states that H_0is rejected and Ha accepted. From this analysis it can be concluded that “there is the influence of the cooperative learning model make a match on a light material and its properties on learning outcomes of students in grade V SDN Langkap 2 Burneh”. Keywords:Make a match, lecture, learning outcomes, light material and its properties