Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA MATERI CIRI- CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP DI KELAS III SDN BASANAH TANAH MERAHPenulis : MunawarohDosen Pembimbing I : Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi cirri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup di kelas III SDN Basanah Tanah Merah dan mendeskripsikan implementasi metode demonstrasi yang berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswaKelas III SDN Basanah Tanah Merah. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pedekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian True eksperimental. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas III SDN Basana Tanah Merah yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah 40 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan soal. Uji validitas internal instrumen dilakukan dengan uji validitas isi dan uji ahli, sedangkan uji validitas eksternal dilakukan dengan menguji cobakan instrumen ke SD lain yang diasumsikan setara. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Permasalahan yang ada di sekolah guru masih menggunakan model konvensional sehingga peneliti ingin menerapakan metode demonstrasi agar hasil dapat berubah lebih meningkat dari model konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Basanah Tanah Merah jika dibandingkan dengan metode konvensional. Adanya pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar IPA siswa yaitu didasarkan oleh data hasil penghitungan dengan menggunakan uji t, maka diperoleh nilai thitung sebesar 6,477.Dengan ttabel= t(?/2 ,n-2) =2,1. Dengan nilai thitung dan ttabel diperoleh thitung>ttabel, ini berarti Ha diterima.Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode demonstrasi memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa. Persentase ketuntusan hasil belajar dengan menggunakan metode demonstrasi lebih tinggi dari pada persentase ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan metode konvensional pada materi IPA.
AbstractionThe Influence of Demonstation Method To Increase Result Study Of Student At Natural Science Lesson Subject Feature And Requirement The Living Creature In Class III SDN Basanah Tanah Merah and describe the implementation of Demonstation Method To Increase Result Study Of Student At Natural Science Lesson Subject Feature And Requirement The Living Creature In Class III SDN Basanah Tanah Merah. This study uses quantitative approach with True experimental type of research. The subject of this study is the students of Class III SDN Basanah Tanah Merah which consists of one classroom with 40 students. Instrument in this study uses questions. Internal validity test of the instrument is done by content validity test and expert test, whereas the external validity test is done by testing the instrument to other SD which is assumed to be equal. The results of this study show that cooperative metode demonstrasi gives a positive effect to the students PKn learning results at class III SDN Pesanggrahan 3 if it is compared to the conventional method. The effect of learning by using of Demonstation type to the students IPA learning results is based on the data calculation results by using T test, then it is gained that the value of tcount is 6,477 with ttable= t(?/2 ,n-2) =2,1. With the value of tcount dan ttable, it is gained tcount>ttable, it means that Ha is accepted. This study shows that learning by using of Demonstation type gives a significantly positive effect to the students PKn learning results. The percentage of mastery learning results by using of Demonstation type is higher than the percentage of students’ mastery learning results by using conventional method on IPA subject.