Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PENGGUNAAN BUKU CERITA ANAK “PUTRI SALJU ” TERHADAP HASIL KEMAMPUAN MEMBACA DONGENGPenulis : NAMA : ISTIANAHDosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd,M.PdDosen Pembimbing II :Ira Fatmaati, S. Pd., M. MdAbstraksi
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi experimental design, penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Bandang Laok I Kokop yang berjumlah 40 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menggunakan media Buku Cerita Anak putri Salju terhadap hasil belajar siswa. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes kognitif. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi, 1) persentase rata-rata hasil validasi tes hasil belajar yaitu 83%, dan persentase rata-rata hasil validasi RPP yaitu 81%. Sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran sangat layak digunakan, 2) Ada pengaruh pembelajaran terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yaitu berdasarkan hasil penghitungan uji t, maka diperoleh nilai t hitung sebesar 2, 463. Dengan t tabel = t 2,101. Dengan nilai t hitung dan t tabel diperoleh t hitung > t tabel (?/2 ,n-2) = , ini berarti H ditolak dan Ha diterima. Menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan media Buku Cerita Anak putri Salju Bahasa Indonesia memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Bandang Laok I Kokop. Tingkat ketuntasan siswa di kelas eksperimen yaitu 100%, sedangkan dikelas kontrol yaitu 85%, Dapat disimpulkan siswa di kelas eksperimen (Pembelajaran dengan pemanfaatan media Buku Cerita Anak putri Salju) hasil belajarnya lebih baik dibanding kelas kontrol (pembelajaran tanpa menggunakan Buku Cerita Anak putri Salju) pada Pengukuran Waktu. 0 Kata kunci : Buku Cerita Anak putri Salju, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Materi membaca dongeng
AbstractionThis research is a quantitative research using Quasi experimental design method, this research was conducted in class III SDN Bandang Laok I Kokop which amounted to 40 students. Sampling is done randomly. This study aims to determine the effect of using the Snow White Children's Book Stories on student learning outcomes. Data collection techniques were done by cognitive test method. The results showed the validation results, 1) the average percentage of test result validation test results is 83%, and the average percentage of RPP validation results is 81%. So it can be concluded learning device is very feasible to use, 2) There is influence of learning to result of learning Indonesian student that is based on t test result, hence obtained by tcount of 2, 463. With ttabel = t (? / 2, n-2) = 2,101. With tcount and ttable value obtained tcount> ttable, this means H0 rejected and Ha accepted. Shows the learning by using the media Stories Girls daughter Snow Snow Indonesia gives a significant influence on the learning outcomes of Indonesian students class III SDN Bandang Laok I Kokop. Level of mastery of students in the experimental class that is 100%, while the control class is 85%, Can be concluded students in the experimental class (Learning with the use of media Stories Children Snow princess) better learning outcomes than the control class (learning without using Stories Children Snow daughter ) on Time Measurements. Keywords: Snow White Girls Story Book, Indonesian Language Learning, Tales of fairy tale reading