Detail Karya Ilmiah

  • Hubungan Antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Implementasi Kurikulum 2013 Tema 4 Berbagai Pekerjaan (Studi Kasus Siswa Kelas IV SDN Kraton 3 Bangkalan Tahun Ajaran 2014/2015)
    Penulis : Diska Febriadi
    Dosen Pembimbing I : Drs. Harun Al Rasyid, M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.Si.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar Tema 4 Berbagai Pekerjaan pada siswa kelas IV SDN Kraton 3 Bangkalan Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasinya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 46 orang. Data dijaring dengan menggunakan instrumen berbentuk kuesioner dan tes hasil belajar Tema 4 Berbagai Pekerjaan. Uji persayaratan analisis menunjukkan bahwa variabel X dan Y berdistribusi normal. Persamaan regresi kedua variabel adalah Y = -4,282 + 0,251X. Hasil perhitungan koefisien korelasi menghasilkan r sebesar 0,597. Hasil pengujian signifikansi koefisien dengan menggunkan uji t menunjukkan kedua variabel adalah signifikan. Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan r2 = 0,342. Ini berarti bahwa 34,2% variansi hasil belajar ditentukan oleh kemandirian belajar. Kata Kunci: kemandirian belajar, hasil belajar, survei, regresi, korelasi

    Abstraction

    This reserach aims to know the relationship between student independence in learning and the academic Themes 4 Various Jobs achievement of fourth students at SDN Kraton 3 Bangkalan in the academic year of 2014/2015. The method used is survey method with the correlational approach. The population is 46 students of fourth. To gather data used questionnaries and test of Themes 4 Various Jobs achievement. Normality analysis result that both variables have normal distribution. Regression equation obtained was Y = -4,282 + 0,251X. Test of correlation result coefficient of 0,597. The correlations is significant. The calculation of the coefficient of determination resulted r2 = 0,342. This indicated that 34,2% variance of academic achievement determined by the independence learning. Key words: independence learning, academic achievement, survey, regression, correlation

Detail Jurnal