Detail Karya Ilmiah
-
Analisis Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar yang Memiliki Status Sebagai Anak Jalanan di Kabupaten BangkalanPenulis : Moh SyaifulDosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.SiDosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.SiAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa di dalam dan di luar sekolah yang dilakukan oleh siswa dengan status sebagai anak jalanan serta kendala dan solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek utama dalam penelitian ini siswa Sekolah Dasar yang berstatus sebagai anak jalanan di Kabupaten Bangkalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa yang berstatus sebagai anak jalanan relatif beragam baik di dalam sekolah dan di luar sekolah. Terdapat siswa yang aktivitas belajarnya aktif, namun ada juga yang pasif. Kendala yang dihadapi siswa yang berstatus sebagai anak jalanan dalam aktivitas belajar di dalam kelas meliputi kesehatan menurun, lingkungan kurang mendukung, rendah diri, pengaruh teman sebaya, dan motivasi belajar kurang. Sementara kendala aktivitas belajar di luar sekolah meliputi lebih memilih bekerja daripada belajar, kelelahan, masalah keluarga, dukungan fasilitas belajar kurang memadai, kurangnya motivasi keluarga, pengaruh lingkungan, dan kondisi perekonomian keluarga kurang mampu. Solusi untuk kendala aktivitas belajar siswa yang berstatus sebagai anak jalanan dari orang tua adalah terus menasehati dan mendukung aktivitas elajar siswa. Sementara solusi dari guru adalah terus menasehati dan memberikan perhatian serta menyarankan agar siswa berhenti melakukan aktivitas di jalanan untuk lebih fokus dalam belajar. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Siswa Sekolah Dasar, Anak Jalanan
AbstractionThis study aims to know the learning activities of students inside and outside the school conducted by students with status as street children along with the constraints and solutions. This study uses an approach of descriptive qualitative research method. Technique of collecting data uses observation, interview, and documentation techniques. The main subject in this study is Elementary School students who have status as street children in Bangkalan Regency. The results of the study show that the learning activities of students who have status as street children are relatively diverse both inside school and outside school. There are students who have active learning activities. The constraints faced by the students who have status as street children in learning activities inside the classroom include declining health, less supportive environment, low self-esteem, peer influence, and less learning motivation. While the constraints of learning activities outside the school include preferring working rather than learning, fatigue, family problems, inadequate learning facilities support, lack of family motivation, environmental influences, and poor family economic conditions. The solution to the constraints of learning activities of students who have status as street children from parents is to continuously advise and support the students’ learning activities. While the solutions from teacher are to continuously advise, pay attention and suggest the students to stop doing activities on the street in order to be more focus on learning. Keyword: Learning Activities, Elementary School Students, Street Children