Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CD INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN SOCAH 4
    Penulis : Maryke Meilinda P.A
    Dosen Pembimbing I : Badrud Tamam, S.Si., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media CD Interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Socah 4 materi energi dan perubahannya. Penelitian dilakukan bulan Januari 2015 - Juli 2015. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif mengunakan Pre-Experimental Designs dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan teknik sampling jenuh, dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel yang digunakan adalah Kelas III SDN Socah 4 sebanyak 20 siswa. Instrumen penelitian mengunakan lembar tes objektif 20 soal dengan multiple choice, lembar observasi kegiatan mengajar dan lembar angket. Validitas yang digunakan dalam penelitian adalah korelasi product moment. Data yang diperoleh dari hasil tes soal objektif dianalisis dengan uji statistik. Pretest dan posttest diuji dengan rumus Lilliefors, linieritas, regresi linier sederhana, uji signifikan (uji t), uji determinasi, dan uji gain ternormalisasi. Dari hasil uji signifikan (uji t) hasil belajar diketahui bahwa thitung 2,559 > ttabel 2,1009 dengan hasil determinasi sebesar 22,09%. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh signifikan penggunaan media CD Interaktif dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa dengan pengaruh sebesar 22,09%. Peningkatan hasil belajar siswa antara pretest dan posttest dilakukan uji gain ternormalisasi sebesar 0,58 dengan kriteria sedang. Kata kunci: media CD interaktif, pembelajaran IPA, hasil belajar

    Abstraction

    The purpose of research to know wheter influence of using media CD interactive on the result of study at class III grade in SDN Socah 4 on matter of energy and change. The research was at January 2015 - July 2015. This reseach is quantitative research using Pree-Experimental Designs with One-Group Pretest-Posttest design. Technique which are taken by using satiation sampling, where all students of population using to taken sample. The sample are students of class III SDN Socah 4 with the total students are 20 students. The instrument of study is using objective test 20 questions with multiple choice, observation paper teaching activities, and questionnaire paper. Validity uses of reseach is correlation product moment. Data which gol of result test objective the analyz with statiscal test. Pretest and posttest tested with formula Lillifors, linearity, simple linear regression, significant test (t-test), determinate test, and normalization gain test. From the result significant test (t-test) the researcher known that tarithmetic 2,559 > tlist 2,1009 and the result determinate is 22,09%. It mean that Ho resected and Ha accepted,so there is significant influence used CD Interaktif media in learning IPA on study result of students with the influence 22,09%. Increase of study result of students between pretest and posttest tested normalization gain test is 0,58 with average criteria. Keywords: media CD Interactive, learning IPA, study result.

Detail Jurnal