Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SDPenulis : MUNAWAROH FATHULLISADosen Pembimbing I : Eva Ari Wahyuni, S.Pd., M.Si.Dosen Pembimbing II :Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si.Abstraksi
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa SD materi pembentukan tanah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif metode eksperimen berbentuk Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent control group design berbentuk pretest-posttest control group design yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol menggunakan perlakuan metode konvensional dan kelas VB sebagai kelas eksperimen menggunakan perlakuan pendekatan keterampilan proses melalui metode eksperimen. Instrumen di uji cobakan di SDN Ketetang 2 Kwanyar Bangkalan dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas diperoleh 20 soal valid dan 10 soal tidak valid. Uji hipotesis menggunakan rumus Regresi Linier Sederhana dengan taraf signifikan 5%. Dari hasil analisis posttest kelas VB menunjukan thitung = 3.25 dan ttabel = 2.064 jadi thitung > ttabel maka H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh pendekatan keterampilan proses melalui metode eksperimen terhadap hasil belajar secara positif dan signifikan. Dari hasil angket respon siswa mendapatkan kategori baik dan sangat baik pada item pernyataan dengan persentase 79% menunjukan siswa tertarik mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA melalui metode eksperimen. Kata kunci: Pendekatan Keterampilan Proses, Metode Eksperimen, Hasil Belajar.
AbstractionThe study is conducted to know the effect of process skills approach in learning IPA by using experimental method to the elementary school students’ learning results soil formation subject. This type of research is quantitative with experimental method that has the form of Quasi Experimental Design with Nonequivalent control group research designin the form of pretest-posttest control group design which is divided into two classes, those are VA class as control class which uses the treatment of conventional method and VB class as class experimental class which uses the treatment of process skills approach through experimental approach. The instrument is tested in SDN Ketetang 2 KwanyarBangkalan by conducting the validity and reliability test which is found that 20 questions are valid and 10 questions are not valid. Hypothesis test uses Simple Linear Regressionformula with a significant level of 5%. From the posttest analysis results of VB class, it shows that tcount = 3.25 and ttable = 2.064, so that tcount>ttable then H0 isrejected which means that there is an effect of process skills approach by using experimental method to the learning results positively and significantly. From the results of student questionnaire responses, it gains good and very good category on the statement items with the percentage of 79% which shows that students are interested to learn with process skills approach in learning IPA by using experimental method. Keywords: Process Skills Approach, Experimental Method, Learning Results.