Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN LATAR DALAM MENULIS CERITA PADA SISWA KELAS V DI SDN PEJAGAN 9 BANGKALAN
    Penulis : DWIAYU ANISA SETIAVIYANTI
    Dosen Pembimbing I : SULAIMAN, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :IRA FATMAWATI, S.S., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis dan mendeskripsikan latar kelas V di SDN Pejagan 9 Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripsi dengan teknik tes, observasi, angket respon siswa dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Pejagan 9 Bangkalan berjumlah 56 siswa. Hasil yang akan diuraikan dari hasil penelitian adalah hasil analisis data kemampuan siswa, hasil analisis karangan siswa, kelemahan karangan siswa dan hasil wawancara terhadap wali kelas. Pembahasan yang akan diuraikan meliputi kemampuan siswa dalam menulis cerita, respon siswa terhadap pembelajaran menulis cerita, dan kemampuan mendeskripsikan latar. Hasil penelitian ini diperoleh sebanyak 71,42% siswa mampu mendeskripsikan latar dengan baik nilai siswa rata – rata 76,33. Hal ini termasuk berhasil karena lebih dari 75% siswa yang memperoleh nilai di atas 75. Hal ini membuktikan kemampuan mendeskripsikan latar dalam menulis cerita, rata-rata siswa mampu pada mendeskripsikan latar dalam menulis cerita yang terdiri dari latar waktu, latar tempat dan latar suasana. Kata kunci: Keterampilan menulis, mendeskripsikan la

    Abstraction

    The purpose of the study is to determine and describe the students ability in the learning of writing and background describing skill on fifth grade students of elementary at SDN Pejagan 9 Bangkalan.The type of the study is descriptive qualitative with the technique applied are examination, observation, students respond questionnaire and interviews. The samples are 56 students of fifth grade at SDN Pejagan 9 Bangkalan. The result to be elaborated are result of data analysis on students ability, result of analysis on students writing, the weakness of students writing and result of interview on homeroom teacher. The discussion to be elaborated are students ability in writing stories, students respond on the learning of writing story and ability in describing background.The result of the study shows that 71,42% of students are able to describe background well within the average score is 76,33. It can be say to reach success for more that 75% of students obtain score above the 75. It also prove that in ability of describing background in writing story, most students are able to describe background (time, place and situation) in writing story. keywords: writing skill, describing background.

Detail Jurnal