Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA V BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA STUDI KASUS SISWA KELAS V SDN KAMAL 2 BANGKALAN TAHUN AJARAN 2014/2015
    Penulis : Ria Masfufatul
    Dosen Pembimbing I : Drs. Harun Al-Rasyid, M.Si
    Dosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.Si.
    Abstraksi

    ABSTRAK Pembelajaran tematik kurikulum 2013 dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan ilmiah saintifik. Penelitian ini di latar belakangi pentingnya siswa dalam pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dalam nonequivalent control group design dan dilaksanakan di SDN 2 Kamal Bangkalan dengan populasi semua siswa kelas V sebanyak 2 kelas dengan menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data yang diberikan berupa angket dan tes hasil belajar. Nilai postest siswa lebih baik dari pada hasil pretest siswa. Hal ini merupakan hasil dari treatment metode kooperatif tipe make a match berpengaruh positif. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji kenormalan uji liliefors dengan melihat skor Kalmogorov Smirnov menggunakan SPSS 16.0, uji homogenitas, Uji regresi linier sederhana, dilanjutkan dengan uji t untuk menguji hipotesis. Dari uji homogenitas diperoleh data 0,455 > 0,05, uji regresi diperoleh Fhitung 38,623 > Ftabel 4,22 maka Ho ditolak, selanjutnya dengan uji t diperoleh thitung 6,125 > ttabel 2,056 dengan taraf signifikan 5% maka keputusannya Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih tinggi dari hasil belajar menggunakan metode konvensional. Kata Kunci : Pembelajaran tematik, Pembelajaran kooperatif tipe make a match, hasil belajar.

    Abstraction

    ABSTRACT Thematic learning curriculum implemented in 2013 using a scientific approach scientific. This research in the background the importance of students in the thematic learning. The purpose of this research was to determine the effect of cooperatif learning make a match to student learning outcomes. This research of quantitative research method used in this research is quasi experimental design in the nonequivalent pretest-posttest controul group design and done at SDN Kamal 2 Bangkalan with population all 5th grade students as much as 2 classes with the use of saturated sampling. The collection of data is given in the form of questionnaires and tests of learning outcomes. Value postest students better than the results of the pretest students. This is result of cooperative treatment methods type make a match positive effect. Technical analysis of the data in this study using the test normality liliefors test to see the score of kalmogorov smirnov using SPSS 16.0, homogenity test, simple linier regression test, followed by a t-test to test the hypothesis. From the homogenity test data obtained 0,455>0,05, regression test Fcount 38,623 > 4,22 F table, then the t test t count 6,125 > 2,056 t table with significance level of 5% then decision Ha accepted and Ho rejected. Based on results of this research concluded that the learning outcomes of students who use cooperative learning make a match higher learning outcomes using conventional methods. Keyword : Thematic learning, Cooperative learning type make a match, Learning outcomes.

Detail Jurnal