Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap hasil belajar siswa pada materi PKn menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat di Kelas III SDN Perreng 2 Burneh dan mendeskripsikan implementasi model kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) yang berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswaKelas III SDN Perreng 2 Burneh. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pedekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian True eksperimental. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas III SDN Perreng 2 Burneh yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah 56 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan soal. Uji validitas internal instrumen dilakukan dengan uji validitas isi dan uji ahli, sedangkan uji validitas eksternal dilakukan dengan menguji cobakan instrumen ke SD lain yang diasumsikan setara. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Permasalahan yang ada di sekolah guru masih menggunakan modek konvensional sehingga peneliti ingin menerapakan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) agar hasil dapat berubah lebih meningkat dari model konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbereed Heads Together) berpengaruh positif terhadap hasil belajar PKn siswa kelas III SDN Bancaran 3 jika dibandingkan dengan metode konvensional. Adanya pengaruh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap hasil belajar PKn siswa yaitu didasarkan oleh data hasil penghitungan dengan menggunakan uji t, maka diperoleh nilai thitung sebesar 14,322.Dengan ttabel= t(?/2 ,n-2) =2,056. Dengan nilai thitung dan ttabel diperoleh thitung>ttabel, ini berarti Ha diterima.Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar PKn siswa. Persentase ketuntusan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tipe NHT (Numbered Heads Together) lebih tinggi dari pada persentase ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan metode konvensional pada materi PKn.

    Abstraction

    This study is aimed to know the effect of applying cooperative model of NHT (Numbered Heads Together) type to the students learning results on PKn subject mentioning the applicable rules in society at Class III SDN Perreng 2 Burneh and describe the implementation of cooperative model of NHT (Numbered Heads Together) type which affect the students PKn learning results at Class III SDN Perreng 2 Burneh. This study uses quantitative approach with True experimental type of research. The subject of this study is the students of Class III SDN Perreng 2 Burneh which consists of one classroom with 56 students. Instrument in this study uses questions. Internal validity test of the instrument is done by content validity test and expert test, whereas the external validity test is done by testing the instrument to other SD which is assumed to be equal. The results of this study show that cooperative model of NHT (Numbereed Heads Together) gives a positive effect to the students PKn learning results at class III SDN Bancaran 3 if it is compared to the conventional method. The effect of learning by using cooperative model of NHT (Numbered Heads Together) type to the students PKn learning results is based on the data calculation results by using T test, then it is gained that the value of tcount is 14,322 with ttable= t(?/2 ,n-2) =2,056. With the value of tcount dan ttable, it is gained tcount>ttable, it means that Ha is accepted. This study shows that learning by using cooperative model of NHT type gives a significantly positive effect to the students PKn learning results. The percentage of mastery learning results by using cooperative model of NHT (Numbered Heads Together) type is higher than the percentage of students’ mastery learning results by using conventional method on PKn subject.

Detail Jurnal