Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri Pejagan 1
    Penulis : Dessy Setyowati
    Dosen Pembimbing I : Drs. Harun Al Rasyid, M.Si
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Latar belakang penelitian ini adalah penggunaan media dalam pembelajaran yang masih kurang diterapkan, keterbatan media pembelajaran yang ada di sekolah dan perlu adanya inovasi pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan adanya kurang ketertarikan dengan pembelajaran. Selain itu pengajaran yang masih berpusat pada guru serta penggunaan media pembelajaran yang belum ada membuat proses pembelajaran kurang menarik. Penggunaan media pembelajaran akan dapat mempermudah dan mengefektifkan proses pembelajaran. Fungsi utama dari media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi kerjasama mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas III. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis metode penelitian eksperimen. Pada penelitian ini bentuk true exsperimental design dengan menggunakan teknik pretest-posttest control group design. Hasil analisis data menunjukkan thitung (2,196) > ttabel (2,045) maka keputusannya adalah Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi kerjasama kelas III di SD Negeri Pejagan 1.

    Abstraction

    The background of this study is the use of media in learning lack, media in learning that very limite in the school and need more information in learning. Those cause leck interest in learning. In other hand, learning which is still centralize to the teacher and lack use of media in learning make learning process less interesting. The use of media in leraning can make easily and effectively in learning process. Main function in learning media is as teaching tool. The study aimed to determine the influence of audio-visual media to the result of the student in learning the material of teamwork in the subject social science in third grade. This study used quantitative research methods with the menthol of experiment. In this study from exsperimental design use technique pretest-posttest control group design. The results of the analyzing data shows tcount (2,196)> ttable (2,045) so the result is Ho denied. So it can be concluded that the use of audio-visual media influence to the result of student learning in material cooperation on third grade elementary school Pejagan 1.

Detail Jurnal