Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARANMANIPULATIVE OBJECT MINIATUR HUTAN PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA KELAS III SD NEGERI PERRENG 2 BURNEH
    Penulis : DWI WULANDARI
    Dosen Pembimbing I : EVA ARI WAHYUNI, S.Pd., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :WANDA RAMANSYAH, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan media pembelajaran manipulative object miniatur hutan pada mata pelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran manipulative object miniatur hutan pada mata pelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Pengembangan media pembelajaran manipulative object miniatur hutan menggunakan modifikasi model Kemp & Dayton, dengan subjek uji coba pada SD Negeri Perreng 2 Burneh siswa kelas III. Langkah–langkah pengembangan media manipulative object miniatur hutan yang digunakan adalah sebagai berikut: (1) tujuan khusus pembelajaran, (2) karakteristik siswa, (3) isi materi, (4) treatment, (5) developing and mixing, (6) testing and revising. Didalam pengembangan media ini terdapat ahli materi, ahli media dan ahli desain pembelajaran, serta uji coba perorangan 3 siswa, uji coba kelompok kecil 9 siswa, uji coba lapangan seluruh siswa kelas III. Hasil yang diperoleh dari ahli materi yaitu73,84%, ahli media pembelajaran yaitu, 76,25% sedangkan hasil ahli desain pembelajaran yaitu 61,54%. Hasil uji coba perorangan memperoleh presentase 94%”, uji coba kelompok kecil memperoleh presentase 100% sedangkan uji coba lapangan memperoleh presentase 98%, hal ini juga dilihat dari hasil belajar yang mencapai ketuntasan klasikal 100%. Berdasarkan hasil pengembangan dalam penelitian pengembangan media pembelajaran manipulative object miniatur hutan layak digunakan oleh siswa kelas III.

    Abstraction

    These research purposes are: (1) to develop learning media of manipulative object of forest miniature in science lesson about animal classification by kids of food, (2) to know advisability of manipulative object miniature in science lesson about animal classification by kids of food. Learning media development of manipulative object of forest miniature uses model modification by Kemp & Dayton with testing subject for SD Negeri Perreng 2 Burneh third class. Media development steps of manipulative object of forest miniature that are used: (1) learning general purpose, (2) student characteristics, (3)material contents, (4) treatment, (5) developing and mixing, (6) testing and revising. In this media development consists of material expert, media expert, and design learning expert with individual testing three student, small group testing nine student, field testing all students of third class. The result s of the material expert is 73,84%, learning media expert is 76,25% while design learmimg expert is 61,54%. The results of individual testing is 94%, small group testing is 100% while field testing 98%. It is also seen from the study results that achieves 100% classical complekeness. Based on the development results in learning media development research of manipulative object of forest miniature is proper used by students of third class.

Detail Jurnal