Detail Karya Ilmiah
-
Pengembangan Media wayang 3D sebagai media pembelajaran IPS siswa kelas III di SD Negeri Kedensari IPenulis : Iensi Anisak Matta SirihDosen Pembimbing I : Drs. Harun Al-Rasyid, M.PdDosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.PdAbstraksi
ABSTRAK Adanya penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru di SD Negeri Kedensari I. Dalam kegiatan belajar mengajar guru masih menggunakan metode konvensional, yakni ceramah. Penggunaan metode tersebut dinilai kurang menarik minat siswa dalam belajar. Diperlukan inovasi pembelajaran agar siswa mendapatkan pengalaman belajar lebih luas dan kegiatan pembelajaran berjalan lebih baik. Media berfungsi sebagai alat bantu mengajar untuk menyampaikan materi kepada siswa. penggunaan media dapat mempermudah siswa dalam memahami pembelajaran, membantu guru menyampaikan pembelajaran, dan mengefektifkan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan media pembelajaran wayang 3D sebagai media pengajaran IPS kelas III SD Negeri Kedensari I. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Peneliti mengembangkan produk berupa wayang 3D dengan menggunakan langkah-langkah dari teori Kemp & Dayton. Pengembangan media wayang 3D dilakukan dengan melakukan validasi ahli dan uji coba terhadap siswa. Hal tersebut diperoleh melalui hasil angket. Hasil validasi ahli media yaitu 91,3 %, ahli desain pembelajaran yaitu 91,6 %, ahli materi 86,1 %, uji perseorangan 90 %, uji kelompok kecil 84,4 %, dan uji kelompok besar 92,5 %. Hasil tersebut merupakan hasil akhir setelah melalui berbagai revisi. Setelah dikonversikan pada table ketercapaian, hasilnya mencapai ketercapaian kualitas tertinggi rentang 85,01%-100% dengan hasil sangat valid dan pengembangan media wayang 3D tidak perlu revisi. Kata Kunci : Media Wayang 3D, Pembelajaran IPS, Pengembangan Media
AbstractionABSTRACT This research was about the less of media use in learning activities done by the teacher at Kedensari I state elementary school. In learning activities, the teacher still used a conventional method, namely speech. The use of the method was less interesting for student’s ambition in learning. It was needed a learning innovation, so sthat the student’s got widely learning experiences. And the learning activities worked better. The media was a helping equipment to explain the materials for the students. The use of media could ease them to understand the learning, to help the teacher explaining it, and to get the effectiveness in learning procces. The purpose of the research was to increase the media of “wayang 3D” as a learning media of 3rd social grade at Kedensari I state elementary school. The research used research and development method. The research grew a product about “wayang 3D” by using the theory of Kemp & Dayton. The wayang 3D media development was done by doing expert’s validation and experiments through the students. They were gained from tally’s result. The result of media’s expert was 91,3 %, the design’s learning one was 91,6 %, materials one was 86,1%, individual test was 90 %, small team test was 84,4 %, and the big one was 92,5 %. The result was final after all revisions done. After the convertion in achievement table, the result showed the highest quality about 85,01%-100% through a valid result and no media development revision was needed. Keyword: Wayang 3D Media, Social Science learning, Media development