Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATRYOSHKA BOX SEBAGAI MEDIA CERITA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI RANTAI MAKANAN KELAS IV (Studi Pada SDN Bancaran 4 Bangkalan)
    Penulis : Elyana Permata Putri
    Dosen Pembimbing I : Eva Ari Wahyuni, S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Badrud Tamam, S.Si., M.Pd
    Abstraksi

    Abstrak Media pembelajaran merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan proses pembelajaran. Pada anak usia SD lebih mudah menerima materi jika dalam proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang konkret. SDN Bancaran 4 merupakan salah satu SDN di Kabupaten Bangkalan yang saat mengajarkan materi rantai makanan pada kelas IV hanya menggunakan buku sebagai media pembelajaran sehingga proses pembelajaran belum sepenuhnya menarik, efektif dan menyenangkan. Permasalahan tersebut, menimbulkan keinginan peneliti untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat menciptakan proses pembelajaran menarik, efektif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran 4D. Tahapan model pembelajaran 4D antara lain: define, design, development dan disseminate. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa persentase kelayakan media pembelajaran matryoshka box menurut ahli bahasa adalah 85,9% (sangat layak), menurut ahli materi 82,8% (cukup layak) dan menurut ahli media mencapai 88,6% (sangat layak). Kemenarikan media pembelajaran matryoshka box mencapai persentase 98,2%. Efektivitas pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran matryoshka box ditinjau dari segi proses 75% (cukup efektif) dan persentase aktivitas belajar siswa mencapai 77% (cukup aktif). Hasil belajar pada aspek kognitif ketuntasan belajar klasikal siswa adalah 100%. Pada aspek afektif nilai rata-rata siswa adalah 90,2 (sangat baik) dan pada aspek psikomotor nilai rata-rata siswa adalah 86,6 (sangat baik). Kata kunci: Media Pembelajaran, Matryoshka box, IPA, Model Pembelajaran 4D

    Abstraction

    Abstract Instructional media is one of the factors supporting the success of the learning process. At elementary school age, children are more receptive to the material when in the learning process using concrete instructional media. SDN Bancaran 4 is one of the Elementary School in Bangkalan that when teaching food chain material in 4th Grade only use the book as a medium of learning so that the learning process is not yet fully interesting, effective and enjoyable. The problem raises the desire of researchers to develop a media that can create the learning process interesting, effective and enjoyable. This study uses a learning model 4D. 4D learning stages are: define, design, development, disseminate. Based on the results of research conducted, showed that the percentage of feasibility study media matryoshka box learning media according to linguists were 85.9% (very decent), according to the expert material 82.8% (pretty decent), and according to media experts reached 88.6% (very decent). The attractiveness of learning media matryoshka box reaches the percentage of 98.2%. The effectiveness of learning by using matryoshka box learning media in terms of the process 75% (effective enough) and the percentage of students learning activity reached 77% (quite active). The cognitive aspect learning outcomes in classical learning completeness students is 100%. In the aspect of students affective average grade is 90.2 (very good) and the average value psychomotor aspects of students is 86.6 (very good). Keyword: Instructional media, Matryoshka box, Science, 4D learning model

Detail Jurnal