Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGATAHUAN ALAM MATERI TANAH KELAS V SD NEGERI WATANGPANJANGPenulis : MARIA ULFADosen Pembimbing I : Eva Ari Wahyuni, S.Pd., M.SiDosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.SiAbstraksi
Permasalahan yang terjadi saat ini adalah hasil belajar siswa yang masih rendah. Peneliti menggunakan metode mind mapping dalam melakukan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi tanah. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi eksperimental design dengan rancangan nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan sampel jenuh yaitu kelas VA dan VB SDN Watangpanjang. Pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik dan deskriptif. Hasil uji signifikan diperoleh nilai thitung= 5,203 dan nilai ttabel=2,101 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa. Koefisien determinasinya r2 =0,600. Hal ini menunjukkan 60% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh pembelajaran dengan metode Mind Mapping, sedangkan sisanya 40% ditentukan oleh faktor lain.
AbstractionThe problem happen in this moment is a still low of student result. Researchers used mind mapping method in the learning do. The purpose of the study is to determine the effect of mind mapping method on students’ result in the subject of science, land sub-subject. The kind of research is a quantitative used quasi exsperimental design method with nonequivalent control group design plan. Samples applied is saturated; students of VA and VB at SDN Watangpanjang. Data collecting applied is observation and test. The data obtained is then analyzed by using statistical analysis technique and descriptive. The result of significant test is tcount = 5,203 and ttable = 2,101. So it can be concluded that there is a significant effect on the mind mapping method, Coefficient of determination r2 = 0.600. It shows 60% of student learning outcomes are effect by learning the Mind Mapping method,while the remaining of 40% is indicated by another factor.