Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA BERKESULITAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS (Studi Pada Siswa Kelas III SDN Porodeso Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan)Penulis : Titis Kurnia Eka FajariestaDosen Pembimbing I : H. Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.SiDosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.SiAbstraksi
Latar belakang penelitian ini adalah Setiap kegiatan pembelajaran di kelas sering kali ditemui anak yang mengalami kesulitan belajar. Bentuk kesulitan belajar pada setiap anak juga berbeda-beda, sedangkan pembelajaran yang biasa dilakukan guru di sekolah masih sering menggunakan metode ceramah dan penugasan secara individu saja, sehingga hal ini menyebabkan kegiatan pembelajaran hanya berpusat pada guru dan membuat siswa yang mengalami kesulitan belajar menjadi tertinggal dalam memahami materi pembelajaran. Hal ini mengakibatkan kemampuan afektif siswa yang mengalami kesulitan belajar menjadi rendah. Melalui kelompok sebaya anak-anak tersebut akan termotivasi untuk belajar sehingga mereka dapat memecahkan kesulitan belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap kemampuan afektif siswa berkesulitan belajar pada pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis metode penelitian deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan thitung (4.540 ) > ttabel (2.086) maka dapat diambil keputusan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa teman sebaya berpengaruh positif terhadap kemampuan afektif siswa berkesulitan belajar. Kata Kunci : teman sebaya, kemampuan afektif siswa berkesulitan belajar, pembelajaran IPS
AbstractionBackground of this study was that every learning proces in class commonly found children who had difficulties in learning. The form of difficuties of every student were different, while the learning which were commonly conducted by the teachers in schools still using speech method and excercises only individually so that this cause the learning process only focused on teacher and made the students got difficulties in learning being under-developed in comprehending material of study.This matter could cause the student’s afektive skill getting difficulties in learning became low. Through groups of the peer group, those children would be be more motivated to study so that they could solve their learning disability. This study aimed to clarify the influence of the peer group the student’s afektive skill who got learning disability in Social Science (IPS) learning.This study used quantitative research metodology with the type of descriptive research method. The data analysis result showed tcount (4.540 ) > ttabel (2.086) that can be taken that Ho decision was refused. So it can be concluded that the peer group has positive effect toward the student’s afektive skills who had learning disability. Key Words : peer group, Social Sciences (IPS) learning, student’s afektive skill with learning disability