Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PKn TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS V SDN KRATON 3 BANGKALANPenulis : FARID SUHERMANTODosen Pembimbing I : Mujtahidin. S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah. S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimental desain nonequivalent dan dilaksanakan di SDN Kraton 3 Bangkalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap sikap nasionalisme siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Jenuh. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas. Pengumpulan data menggunakan tes sikap nasionalisme dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji t. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier dan uji t, dari hasil penghitungan regresi linier sederhana didapatkan persamaan Y= 11.079 + 0,991, Setelah diketahui persamaan regresi lalu diperoleh nilai korelasi (r) 0.991. jadi, hubungan antara sebelum penerapan dan sesudah penerapan model PBL menunjukkan pengaruh positif. Dengan kata lain model PBL diterapkan, maka sikap nasionalisme siswa dapat meningkat. Hasil penghitungan pada uji t, pengujian pretest dan posttest untuk eksperimen didapatkan bahwa hasil nilai sig. untuk pengujian perbandingan memiliki nilai sebesar 0,000 kurang dari taraf Sig. 0,05 yang digunakan yaitu (0,000 < 0,05). Maka didasarkan pada hipotesis yang ditentukan dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sikap nasionalisme kelas eksperimen sebelum dan sesudah hal tersebut berarti tolak H0.
AbstractionThis research is a quantitative research designed with quasi experimental nonequivalent design and implemented in 3rd Elementary School Kraton Bangkalan. This study aims to determine the influence of Model Application of Problem Based Learning towards students' nationalism. The sampling technique using saturated sampling. Research Samples are 2 classes. To collect data uses nationalism test and students’ questionnaire responses. Techniques of data analysis use simple linear regression test and t test. Hypothesis testing use linear regression and t test, from the calculation results of simple linear regression obtained equation Y = 11 079 + 0.991, Having known the regression equation obtained correlation values (r) 0991. So, the relationship between before and after the implementation of the PBL model application shows a positive influence. In other words, the model of PBL is applied, and then the attitude of the students’ nationalism can increase. The result of calculation on the t test, testing pretest and posttest to the experiment obtained that the result is sig. for comparison testing has a value of 0.000 is less than the level Sig. Used is 0.05 (0.000 <0.05). So based on the hypothesis that determined and it can be concluded that there is significant influence of experimental class nationalism before and after it is meant reject H0.