Detail Karya Ilmiah

  • PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP SIKAP DEMOKRATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH SIDAYU GRESIK
    Penulis : Putri Aprilia Prihatin
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S. Si., M. Pd
    Dosen Pembimbing II :Mujtahidin, S. Pd., M. Pd
    Abstraksi

    Sikap demokratis tidak hanya menuntut siswa aktif dalam berpendapat, namun siswa juga mampu menghargai dan menghormati pendapat dari siswa lain serta mampu menyelesaikan permasalahan dengan cara yang tepat. Upaya untuk meningkatkan dan menumbuhkan sikap demokratis siswa dalam pembelajaran PKn adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan NHT (Numbered Head Together). Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan sikap demokratis, untuk mengetahui respon siswa selama mengikuti pembelajaran, serta untuk mengetahui aktivitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain Randomized Pretest-posttest Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah Sidayu Gresik dengan populasi dan sampel seluruh siswa kelas IV. Siswa dibagi menjadi tiga kelompok secara acak yaitu kelompok eksperimen 1 (Jigsaw), kelompok eksperimen 2 (NHT), dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes sikap demokratis. Analisis data menggunakan Anova Satu Jalan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan sikap demokratis yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan NHT serta dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran PKn. Respon siswa diketahui sangat tertarik. Pelaksanaan pembelajaran terlaksana sangat baik. Aktivitas siswa sangat aktif meskipun dengan karakteristik siswa yang berbeda.

    Abstraction

    Democratic attitudes not only requires students to active in the opinion, but students also be able to appreciate and to respect the opinions from other students and also can resolving the problem in a proper way. The efforts to improve and foster democratic attitudes of students in PKn learning is by applying cooperative learning model type jigsaw and NHT. The purpose of research to determine the differences in democratic attitude, to know the response of students during following learning, and to know the learning activity. This research uses quantitative reseach approach with Randomized Pretest-posttest Control Group Desaign. The research conducted in SD Muhammadiyah Sidayu Gresik with population and sample all students in grade IV. The students were devided into three groups randomly, the first eksperimental group (Jigsaw), the second eksperimental group (NHT), and the control group. The instrumen used democratic attitude test. The analyzed of data using one-way Anova. These result indicate that there is no difference significant between the democratic attitude of students who take cooperatif learning model type Jigsaw and NHT as well as with the conventional leraning at PKn learning. The students responses known to be verry interested. The implementation of learning verry well done. Activities students are verry active even thought the caracteristics of different student.

Detail Jurnal