Detail Karya Ilmiah

  • PROBLEMATIKA PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 BERBASIS TEMATIK PADA MATA PELAJARAN IPS
    Penulis : Diana Hadiyanti
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S. Sos., M. Si
    Dosen Pembimbing II :Wahid Khoirul Ikhwan, M. Pd
    Abstraksi

    Seiring berkembangnya IPTEK membuat sistem pendidikan mengalami perkembangan. Adanya perubahan kurikulum dari KTSP menjadi Kurikulum 2013 merupakan salah satu cara memperbaiki sistem sebelumnya. Perubahan yang dirasakan yakni pembelajaran dengan sistem tematik. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan saintifik. Tahapan pembelajarannya meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan data/mencoba, menalar/mengasosiasikan, serta mengkomunikasikan. Namun, ketika diterapkan dengan pembelajaran berbasis tema, banyak problematika yang terjadi. Salah satunya pada mata pelajaran IPS, ketika pembelajaran sistem tema yang diterapkan tidak terlihat.

    Abstraction

    Since the development of technology increased, the education system have developt. The change of the curriculum from KTSP into Curriculum 2013 is one way to repair the education system before. That change seen from that become tematic system. One of the approach that use nowadays is saintifik approach. Several steps in conducting this study is observe, interview, collect the data, interpret, and elaborate. However, when the based theme learning apply, there are lot of problems occurs. For example in the social saintifik, in the learning process the theme system that apply does not occurs.

Detail Jurnal