Detail Karya Ilmiah

  • PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DAN STAD PADA MATERI BILANGAN ROMAWI DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH LAMONGAN
    Penulis : Zulfa Idatul Ummah
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari,S.Si.,M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd.,M.Si
    Abstraksi

    Zulfa Idatul Ummah. 2015. Perbandingan Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bilangan Romawi Di Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing: Ariesta Kartika Sari, S.Si dan Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd.,M.Si. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament) dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) materi Bilangan Romawi siswa kelas IV SD Muhammadiyah Lamongan Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental Design dengan model Randomized pretest-posttest control group. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 78 siswa. Sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh. Instrumen yang digunakan yaitu Tes Hasil Belajar, Lembar Observasi, dan Angket Respon Siswa. Hasil perhitungan hipotesis dengan uji Anova diketahui nilai Fhitung 2,80 dan Ftabel 3,12 dengan keputusan Fhitung ? Ftabel maka H0 diterima. Maka kesimpulannya tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa di kelompok eksperimen pertama, eksperimen kedua dan kelompok kontrol. Rata-rata hasil post test kelompok eksperimen pertama 78,65, Kelompok eksperimen kedua 81,35 dan kelompok kontrol 73,08. Hasil presentase observasi aktifitas siswa 74% pada kelompok eksperimen pertama dan 74,38% di kelompok eksperimen kedua. Hasil rata-rata keseluruhan angket respon siswa 51,54% kelompok eksperimen pertama dan 51,90% pada kelompok eksperimen kedua. kata kunci : Model Kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament), Model Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division), Hasil Belajar dan Bilangan Romawi

    Abstraction

    Zulfa Idatul Ummah. 2015. Comparison Between Cooperative Learning Model Cooperative Learning TGT and STAD type toward Student Results on Roman Numbers Materials In Elementary Schools. Elementary School Teacher Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor: (1) Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd, (2) Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si Si. ABSTRACT The research aims to know comparison of student learning outcomes between learning model types TGT (Team Game Tournament) and cooperative learning model type STAD (Student Team Achievement Division) material roman numeral grades IV SD Muhammadiyah Lamongan in academic Year 2014/2015. The method used are True Experimental Design with model Randomized pretest-posttest control group. The population is all fourth grade students totaling 78 students. The sample used is a sample saturated. The instruments used are tests Learning Outcomes, Observation Sheet and Questionnaire Response Students. Results of calculation hypothesis by Anova were Fcalculation of 2.80 and Ftable 3.12 with the decision Fcalculation ? Ftable then H0 was accepted. It can be concluded that there were no significant comparison of achievement between the results of student learning in the first experimental group, second experimental and control groups. The average of post test results the first experimental group is 78,65 %, second experimental group is 81,35 % and the control group is 73,08 %. Results of student activity observation percentage is 74% in the first experimental group and 74,38% in the experimental group. Results overall average student questionnaire responses is 51,54% first experimental group and 51,90% in the experimental group second. Key Words: Cooperative Learning Type TGT (Team Game Tournament), Cooperative Learning Type STAD (Student Team Achievement Division), Learning Outcomes and Roman Numeral

Detail Jurnal