Detail Karya Ilmiah
-
KORELASI INTENSITAS WAKTU BELAJAR DI RUMAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN BANYUAJUH 01 SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2015/2016Penulis : Qurrotu AiniDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Moh. Edy Nurtamam, S.Pd., M.SiAbstraksi
Qurrotu Aini.2016. Korelasi Intensitas Waktu Belajar di Rumah Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Banyuajuh 1 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I Mujtahidin, S.Pd.,M.Pd. Pembimbing II Moh. Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi intensitas waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar siswa kelas V SDN Banyuajuh 1 semster ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Banyuajuh 1 Kecamatan Kamal. Sampel yang digunakan sebanyak 22 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan teknik korelasional. Untuk menentukan hubungan antara kedua variabel melalui perhitungan korelasi pearson poduct moment. Analisis yang digunakan adalah program Microsoft Exel. Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji asumsi, yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis Ho diterima artinya memiliki korelasi positif yang signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,675 artinya nilai korelasi mempunyai tingkat hubungan yang kuat. Dari hasil penelitian menggunakan uji signifikansi diperoleh ttabel =2,086 dan thitung =10,281 sehingga thitung> ttabel dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H? diterima artinya ada hubungan signifikan antara intensitas waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar siswa. Hasil koefisien determinasi sumbangan variabel X terhadap variabel Y diperoleh 45,627
AbstractionABSTRACT The aim of this study is to know the correlation between intensity of learning time at home with students achievement of fifth grade students of SDN Banyuajuh 1 Kamal Sub district. This study uses quantitative approach. This study is conducted at fifth grade of SDN Banyuajuh 1 odd semester 2015/2016. Sample used as many as 22 students. Collecting data using questionnaires and documentation. To determine the relationship between two variables by calculating the Pearson correlation Poduct moment. The analysis which is used is Microsoft Excel program. Before the data analysis, assumption test is done, namely normality test and linearity test. The results showed that Ho hypothesis accepted means to have a significant positive correlation with correlation coefficient for about 0,675 which means that the correlation value has a strong relationship degree. From the results of the study by using significancy test, it is obtained that ttable =2,086 and tcount =10,281, so tcount> ttable which can be stated that H0 is rejected and H? is accepted, it means that there is a significant correlation between the intensity of learning time at home and students achievement. The resultt of determination contribution of variable X contribution to variable Y is 45,627 Keywords: Intensity of learning time at home, Students achievement