Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SDN Kamal 2 Bangkalan
    Penulis : URWATUL USKO
    Dosen Pembimbing I : EVA ARI WAHYUNI, S.Pd., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Fatimatul Munawaroh, S.Si, M. Si
    Abstraksi

    Pembelajaran di sekolah dasar selama ini kurang memberikan kesempatan bagi siswa untuk beperan aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut disebabkan pada saat pelaksanaan pembelajaran hanya guru yang aktif sedangkan siswa pasif Sehingga, hasil belajar yang diperoleh kurang maksimal. Permasalahan yang terjadi di SDN Kamal 2 adalah pada saat pembelajaran guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga tujuan dari pembelajaran yang hendak dicapai kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dalam pembelajaran IPA kelas IV SDN Kamal 2 Bangkalan. Penelitian ini berjenis kuantitatif menggunakan quasi experimental design dengan desain penelitian nonequivalen control group design.. Penelitian ini dilakukan di SDN Kamal 2 sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sampel yaitu kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014-2015. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajara, observasi dan angket respon siswa. Tes hasil belajar dianalisis menggunakan uji statistik. Dari hasil penelitian menggunakan uji signifikansi diperoleh ttabel =2,080 dan thitung =2,925 sehingga thitung> ttabel dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H? diterima. Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) terhadap hasil belajar siswa.

    Abstraction

    Learning in primary schools has been less provide opportunities for students to active. It is due at the time of implementation of learning only active teachers while students passively Thus, learning outcomes obtained less than the maximum. The problems that occurred at SDN Kamal 2 is learning when teachers are still using conventional learning models so that the goal of learning to be achieved less. This study aims to determine the effect of cooperative learning model TGT (Team Games Tournament) in science teaching fourth grade SDN Kamal 2 Bangkalan. This research was quantitative using quasi-experimental design to study design nonequivalen control group design. This study was conducted at SDN Kamal 2 samples used are saturated sample in which all members of the population sampled, namely IVA class as a class control and IVB class as a class experiment. The experiment was conducted in the second semester of the academic year 2014-2015. Data collection techniques using test results of learning, observation and student questionnaire responses. Achievement test were analyzed using a statistical test. From the research results obtained using the significance test table =2.080 and t =2.925 so thitung > ttable can be stated that H0 rejected and accepted H?. The conclusion of this study there is the influence of cooperative learning model TGT(Team Games Tournament) on student learning outcomes.

Detail Jurnal