Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Dio Firmanda Alva P. 2018. Pengaruh Metode Simulasi Terhadap Peningkatan Sikap Siswa pada Mata Pelajaran PKn Materi Mencerminkan Sikap Harga Diri dalam Kehidupan Sehari-hari (Studi pada Kelas III Semester 2 di SDN Tanjung Jati 1 Kamal). Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I: Mujtahidin, S.Pd., M.Pd, Pembimbing II: Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental nonequivalent control gruop design dan dilaksanakan di SDN Tanjung Jati 1 Kamal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran simulasi terhadap sikap harga diri siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Jenuh. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas. Pengumpulan data menggunakan tes sikap harga diri. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji t. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier dan uji t, dari hasil penghitungan regresi linier sederhana didapatkan persamaan Y= 8.582 + 0,955, Setelah diketahui persamaan regresi lalu diperoleh nilai korelasi (r) 0.955. jadi, hubungan antara sebelum penerapan dan sesudah penerapan metode simulasi menunjukkan pengaruh positif. Dengan kata lain metode simulasi diterapkan, maka sikap harga diri siswa dapat meningkat. Hasil penghitungan pada uji t, pengujian pretest dan posttest untuk eksperimen didapatkan bahwa hasil nilai sig. untuk pengujian perbandingan memiliki nilai sebesar 0,000 kurang dari taraf Sig. 0,05 yang digunakan yaitu (0,000 < 0,05). Didasarkan dari hipotesis yang ditentukan, maka H0 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari sikap harga diri kelas eksperimen sebelum dan sesudah pembelajaran. Kata kunci : metode simulasi, PKn, sikap harga diri

    Abstraction

    Dio Firmanda Alva P. 2017. The Effect of Simulation Method on Improving attitude of students on Civil Subjects Reflecting Self-Esteem Attitude in Daily Life (Study in Class III Semester 2 at SDN Tanjung Jati 1 Kamal). Essay, Elementary School Teacher Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor I: Mujtahidin, S.Pd., M.Pd, Advisor II: Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT This research is a quantitative research with quasi experimental design nonequivalent control group design and implemented in SDN Tanjung Jati 1 Kamal. This study aims to determine the effect of application method of simulation learning to the students self-esteem attitude. Sampling technique using Saturated Sampling. The sample of research is 2 classes. Data collection using self-esteem test. Data analysis technique using simple linear regression test and t test. Hypothesis testing using linear regression and t test, from the result of simple linear regression calculation obtained equation Y = 8.582 + 0.955, After the known regression equation then obtained correlation value (r) 0.955. so, the relationship between before implementation and after application of the simulation method shows a positive influence. In other words the simulation method is applied, then the student's self-esteem attitude can increase. The result of t test on t test, pretest and posttest test for experiment shows that the result of sig value. for comparison testing has a value of 0.000 less than Sig level. 0.05 used (0.000 <0.05). Based on the hypothesis determined, then H0 is rejected and it can be concluded that there is a significant influence from the attitude of self-esteem of experimental class before and after learning. Keywords: simulation method, civics, self esteem.

Detail Jurnal