Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Smartphone Menggunakan Instructional Games Kelas V SD
    Penulis : Merinda Yusnita Putri
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :M. Busyro Karim, S.Ag., M.Si.
    Abstraksi

    Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran game. Tahap pengembangan Game pembelajaran terdiri dari 16 langkah, yaitu diagnosa awal, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, spesifikasi tujuan pembelajaran, merancang model permainan, merancang soal berdasarkan materi ajar, menghubungkan model permainan dan materi, produksi media pembelajaran tahap awal, validasi ahli, revisi produk awal, uji coba kelompok kecil, revisi produk I, uji coba kelompok besar, revisi produk II, publish media pembelajaran Game. Hasil uji kelayakan pengembangan Game pembelajaran materi ajar sebagai pembelajaran. Hasil uji kelayakan pengembangan Game pembelajaran materi ajar sebagai berikut (1) penilaian ahli materi, media, dan desain mendapat ? 85.3% (sangat baik); (2) persentase tanggapan siswa ?78.82 % (baik) dan (3) hasil belajar siswa pada uji coba kelompok besar diperoleh nilai diatas target yang ditentukan dengan nilai 90.83% (sangat baik). Hal ini menyatakan bahwa Game pembelajaran materi ajar telah layak digunakan sebagai media pembelajaran IPS untuk siswa kelas 5 Sekolah Dasar.

    Abstraction

    This development research aims to develop the learning model and to know the advisability of learning game media. Learning Game development stage consist for 16 step, that is first diagnosis, student analysis, task analysis, concept analysis, learning objectives specification, design the Game model, task design based on the assessment, merge the Game model and the teaching material, first step of learning media production, expert validation, first product revision, small group testing, product I revision, big group testing, product II revision, learning Game media publish. Results of learning Game development due diligence are as follows (1) matter expert assessment, media, and design is ? 85.3% (excellent); (2) student response percentage ?78.82 % (good) and (3) student learning results at the big group testing got value above the limit target 90.83% (excellent). It is state that the learning Game was worth as IPS learning media for 5th grade elementary school students.

Detail Jurnal