Detail Karya Ilmiah

  • PERBANDINGAN METODE EKSPERIMEN DAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN KAMAL 2 BANGKALAN
    Penulis : FATIMATUS SEHROH
    Dosen Pembimbing I : Eva Ari Wahyuni, S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara metode eksperimen dan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA materi “gerak benda” yang ditinjau dari hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan Quasi eksperimentdengant Posttest only control group design, denganteknik sampling jenuh, sampel yang digunakan adalah siswa Kelas III A dan siswa kelas III B. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah Tes Hasil BelajarSiswa berupa soal objektif sebanyak 13 soal, teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui perbedaan metode eksperimen dan metode demonstrasi yaitu menggunakan Uji t polled varians maka diperoleh hasil belajar posttest siswa dengan Thitung = 2,037 >Ttabel= 2,0315maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dan perolehan hasil Posttestmetode eksperimen diperoleh 17siswa tuntas dan 4 siswa tidak tuntas sedangkan pada metode demonstrasi yaitu 10 siswa tuntas dan 10 siswa tidak tuntas. Dari analisis di atas maka dapat di simpulkan bahwa “ada perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan metode eksperimen dan metode demonstrasi mata pelajaran IPA”. Kata Kunci : Metode Eksperimen, Metode demonstrasi, IPA, Hasil Belajar.

    Abstraction

    ABSTRACT The aimof this research is of determine the difference between eksperimental and demonstration method in science lesson on “Object motion” material that it is observed form study result of studentt This research is a quantitative research, that it uses this study includes research into Quasi eksperimental with posttest control group design and saturated sampling technique. The sample is thitd grade student which third grade student A uses exsperimental method and third grade studen B uses demonstration method in SDN Kamal 2 Bangkalan. The instruments that is uses in this research is test of study result for student which using thirteen objective questions, Data analys technique that it is used to determine the difference between exsperimental and demonstration method in science lesson that it uses Uji t Polled Varians so that the study result of posttest with Thitung = 2,037>Ttabe= 2,0315 so that Ho is refused and Ha received. Which posttest result of ekxsperimental is seventeen student are pass and four student are not pass while posttest result od demonstration method is ten student are pass and ten student are not pass. The conclusion is there is a difference of study result of student between the use of exsperimental and demonstration method in science lesson. Keywords : Eksperimental , Demonstration Method, Science, Study Result.

Detail Jurnal