Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING GROUP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR (THINKING SKILL) SISWA (Studi Pada Siswa Kelas V SDN Kamal 2 Tahun Pelajaran 2015/2016)
    Penulis : Maurina Candra Karfadila
    Dosen Pembimbing I : Drs. Harun Al Rasyid M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Karfadila, Maurina Candra. 2016. Pengaruh pembelajaran IPS dengan menggunakan metode brainstorming group terhadap tingkat keterampilan berpikir (thinking skill) siswa (studi pada siswa kelas V SDN Kamal 2). Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I Drs. Harun Al Rasyid M.Si. Pembimbing II Mujtahidin, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Pendidikan IPS terdiri dari empat dimensi, menurut observasi guru cenderung fokus pada dimesi pengetahuan. Sedangkan salah satu dimensi yang tidak kalah penting adalah dimensi keterampilan berpikir. Penelitian dilakukan di SDN Kamal 2. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen dengan pengumpulan data mengunakan tes soal sikap. Sampel yang digunakan masing-masing 25 siswa kelas VA dan VB SDN Kamal 2. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini uji linieritas yang kemudian dilanjutkan dengan uji t. Hasil penelitian menggunakan uji signifikansi diketahui 2,0687 maka dinyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan pembelajaran IPS dengan menggunakan metode brainstorming group terhadap keterampilan berpikir (thinking skill) siswa kelas V SDN Kamal 2. Kata Kunci : Pembelajaran IPS, Metode Brainstorming Group, Keterampilan Berfikir (Thinking Skill)

    Abstraction

    Karfadila, Maurina Candra. 2016. The influence of SOCIAL SCIENCE learning by using method of brainstorming group against the skill level of thinking (thinking skills) students (studies on V grade of 2nd Elementary school Kamal). Thesis, Course Education elementary school teacher, Faculty of teacher training and educational sciences, Trunojoyo University of Madura. Supervisor I, Drs. Harun Al Rasyid M.Si. Supervisor II, Mujtahidin, S., M. Pd Pd. ABSTRACT Social science education consists of four dimensions, according to oservation of teachers tend to focus on knowledge dimension. while one of the no less important dimension of thinking skills. This research is quantitative research methods with Quasi experiments with data collection using test reserved attitude. The sample used each of the 25 students of VA and VB grade of 2nd Elementary school Kamal. Analytical tools used in this research is a simple linear test then proceeded with the t test. Research results using the test of significance is known t _ (count) = 13,43 > t _ table = 2.0687 then stated that there was significant influence learning IPS by using method of brainstorming group to the skills of thinking (thinking skills) V grade of 2nd Elementary school Kamal. Keywords: Social Science Learning, Brainstorming Methods Group, The Skill of Thinking (Thinking Skills)

Detail Jurnal