Detail Karya Ilmiah
-
PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SD (Studi Kasus pada SD Al Islam Muhammadiyah Cerme Gresik)Penulis : PARAMUDITA AISYIYAH LUQMANDosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Luqman, Paramudita Aisyiyah. 2016. Pemanfaatan Media Pembelajaran Diorama Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Dalam Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD (Studi Kasus pada SD Al-Islam Muhammadiyah Cerme Gresik). Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing: (I) Sulaiman, S.Pd., M.Pd. (II) Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran diorama yang digunakan oleh guru pada kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia dalam menulis karangan narasi siswa kelas IV SD. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV di SD Al-Islam Muhammadiyah Cerme materi menulis karangan narasi, pelaksanaan penelitian ini dimulai pada bulan Agustus sampai dengan Desember 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa data hasil observasi selama proses pembelajaran berlangsung di kelas yang dilakukan peneliti selaku observer, kemudian penelitian ini juga menggunakan hasil wawancara dengan guru kelas dan siswa kelas IV SD Al-Islam Muhammadiyah Cerme untuk mendapatkan data yang lebih akurat dan maksimal. Penelitian ini juga dilengkapi dengan dokumentasi selama pembelajaran. Setelah dilakukan observasi dan wawancara dapat diketahui dalam pemanfaatan media pembelajaran diorama terdapat peningkatan dalam menulis karangan narasi setelah menggunakan media pembelajaran diorama. Selain itu dapat diketahui juga keuntungan dan kendala saat menggunakan media pembelajaran diorama. Siswa dapat menulis karangan narasi berdasarkan media pembelajaran diorama yang disajikan dengan menentukan tema karangan narasi dan menggunakan ejaan yang sesuai. Kata Kunci: pemanfaatan media, pembelajaran diorama, karangan narasi
AbstractionAisyiyah, Paramudita Luqman. 2016. The Utilization of Diorama Instructional Media of Indonesian Language Lesson in Writing Narrative Essay Students 4th Grade (A Case of Study in SD Al Islam Muhammadiyah Cerme Gresik). Skripsi, Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Educational Sciences, University Trunojoyo. Advisors: (I) Sulaiman, S.Pd., M.Pd. (II) Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT The purpose of this research is to know the utilization of diorama instructional media that used by teachers in Indonesian Language learning activities in writing narrative essay to students 4th grade in SD Al Islam Muhammadiyah Cerme. This research is doing to 4th grade students in SD Al Islam Muhammadiyah Cerme in writing narrative essay lesson. The realization of this research is start from August until December 2015. This research used qualitative descriptive approach research. The instrument that used in this research is in the form of the data result observations during learning process that takes place in the classroom which do by researcher. This research also used the result of an interview with teacher and students 4th grade in SD Al Islam Muhammadiyah Cerme to obtain the valid and maximum data. This research also completed with documentation during learning process. After doing observations and interviews, it can be known the utilization of diorama instructional media, there is an increase of writing narrative essay after used diorama instructional media. In addition, it can also known the provit and the obstacle when used diorama instructional media. Students can writing a good narrative essay based on diorama instruction media which served with determine the theme of narrative essay and used spelling in appropriate. Keywords: utilization of diorama, diorama media, narrative essay