Detail Karya Ilmiah
-
Problematika Konflik Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan KamalPenulis : Yuli Try Setio RiniDosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.Dosen Pembimbing II :Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Yuli Try Setio Rini. 2016. Problematika Konflik Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Kamal. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing: 1. Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si, 2. Wahid Khoirul Ikhwan,S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan konflik yang terjadi pada siswa sekolah dasar di kecamatan Kamal. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melaluiwawancara dan dokumentasi. Data hasil wawancara di sajikan dalam bentuk matrik sedangkan data dokumentasi disajikan dalam bentuk gambar dan dianalisis secara deskriptif. Teknik snowball digunakan untuk mengambil sample pada siswa SDN Banyuajuh 3 dan SDN Banyuajuh 2 Kamal. Ada 21 sample yang terdiri dari 2 kepala sekolah, 3 orang guru dan 16 siswa sekolah dasar. Konflik yang terjadi pada siswa sekolah dasar di SDN Banyuajuh 3 dan SDN Banyuajuh 2 Kamal berupa ejekan, perkelahian dan perundungan. Konflik ini dapat diselesaikan dengan bantuan guru sebagai pihak ketiga dengan memakai strategi pemecahan masalah sesuai dengan permasalahan yang terjadi. Kata kunci:ejekan, perkelahian, perundungan dan pemecahan masalah.
AbstractionYuli Try Setio Rini. 2016. Problems of Conflict Elementary School Students In District Kamal. Thesis, Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisors: 1. Tri Febrianto Priyono, S.Sos., M.Si, 2. Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT This study aimed to describe the conflict in primary school students in the district Kamal. The method used is descriptive qualitative data collection through interviews and documentation. Interview data presented in matrix form while the data documentation is presented in the form of images and analyzed descriptively. Snowball technique used to take a sample of the student Banyuajuh SDN 3 and SDN Banyuajuh 2 Kamal. There are 21 sample consisting of two principal, three teachers and 16 elementary school students. Conflicts in primary school students at SDN 3 and SDNBanyuajuh 2 Kamal form of taunts, fights and harassment. This conflict can be solved with the help of the teacher as a third party using problem solving strategies appropriate to the issues raised. Keywords: taunts, fights, bullying and problem solving.