Detail Karya Ilmiah

  • Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas V SDN Pejagan 1 Bangkalan Tema Kerukunan dalam Bermasyarakat pada Kurikulum 2013
    Penulis : Fatimatus Zakiyah
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Wahid Khoirul Ikhwan, M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V pada tema “Kerukunan dalam Bermasyarakat”. Berpikir tingkat tinggi perlu untuk dimiliki siswa mulai jenjang Sekolah Dasar (SD) terutama kelas atas dengan tujuan agar siswa mampu memecahkan masalah dengan logis dan mempersiapkan ke jenjang berikutnya. Metode dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif yang dilaksanakan di SDN Pejagan 1 Bangkalan dengan populasi siswa kelas V Tahun Ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Sampel penelitian sebanyak 39. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi yang memuat ranah kognitif C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (mencipta) pada taksonomi Bloom untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, kuesioner dan lembar observasi untuk mengetahui pembelajaran yang dilaksanakan. Teknik analisis data menggunakan t-tes satu sampel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa lebih dari 60%, dibuktikan dengan rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan persentase 64,53%. (2) dalam pembelajaran secara umum sudah dilaksanakan dengan baik dan sudah mencakup level kemampuan berpikir tinggi siswa.

    Abstraction

    The aim of this research is to know the Higher Order Thinking of Students (HOTS in V grade on theme” Harmony on Society”. Higher thinking order is necessary for students from Elementary School especially on upper class in order to make students can solve their problem logically and can be prepare to the next level. Quantitative descriptive method is using in this research at SDN Pejagan 1 Bangkalan with students population on V grade 2014-2015. Technique and kind of this research are using saturated sampling. Sample of this research such 36 people. Data collection procedure is using achievement test such as: Cognitive field C4 (Analyze), C5 (Evaluate), C6 (Create) on bloom taxonomy to evaluate “Higher Order Thinking Skill of Students. Questioner and observation sheet used to know the learning process. Technique analyze data used T-test. Based on result of this research we can conclude that: 1) HOTS more than 60% proofed by mean of score with presents 64, 53%. 2) in general learning have done good enough and include to the Higher order thinking skill.

Detail Jurnal