Detail Karya Ilmiah

  • PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING DAN INKUIRI MELALUI METODE EKSPERIMEN KELAS III SDN PEJAGAN 1 BANGKALAN
    Penulis : DESI FAIZAH CAHYATI
    Dosen Pembimbing I : BADRUD TAMAM, S.Si., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :MUJTAHIDIN, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dan inkuiri melalui metode eksperimen dapat menyajikan pembelajaran IPA secara ideal. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Pejagan 1 dengan penerapan model Quantum Teaching dan inkuiri melalui metode eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dimana kedua kelas diberi perlakuan berbeda. Waktu penelitian dari Bulan Oktober hingga Desember 2014. Populasinya adalah seluruh siswa kelas III SDN Pejagan 1 Bangkalan tahun pelajaran 2014/2015. Sampel merupakan sampel jenuh, seluruh populasi digunakan dalam penelitian. Kelas III A adalah kelas eksperimen menggunakan model Quantum Teaching melalui metode eksperimen dan kelas III B adalah kelas eksperimen menggunakan model inkuiri melalui metode eksperimen. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t dua pihak menggunakan nilai post test siswa setelah diterapkan perlakuan yang berbeda. Hasil penelitian adalah ada perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Pejagan 1 dengan penerapan model Quantum Teaching dan inkuiri melalui metode eksperimen (Fhitung = 2,225 > Ftabel = 2,005, dengan taraf signifikasi 5%). Dengan rata-rata hasil belajar 80,53 untuk kelas III A dan 86,55 untuk kelas III B. Implikasi dari penelitian ini adalah model inkuiri melalui metode eksperimen memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

    Abstraction

    Quantum teaching and inquiry models trough experimental method provide IPA lesson ideally. This research aims to know the differences of 3rd grade students’ IPA outcome in Pejagan 1 primary school Bangkalan through quantum teaching and inquiry models by employing experimental method. The reseach method used a quasi-experiment method which both two classes given distinctive treatment. The time held on October up to December 2014. The population was all 3rd grade students in Pejagan 1 primary school, Bangkalan during academic year 2014/2015. The sample used in this research was saturated sample, that lied within the population. Class III A was an experimental class using quantum teaching model through experimental method and class III B was an experimental class employing inquiry model through experimental method. Hypothesis test was done through two parties t-test using post test student’s value after given different treatment. The result show there is difference of learning outcome in science of III A and III B classes (F calculation = 2.225 > Ftable = 2.005, and significance rate is 5%). Average of learning outcome was 80.53 for class III A and 86.55 for class III B. Implication of this research is inquiry model through experimental method provides a better influence to student’s learning outcome especially IPA lesson.

Detail Jurnal