Detail Karya Ilmiah

  • PEMANFAATAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM MEMAHAMI CERITA RAKYAT
    Penulis : ABDUS SALAM
    Dosen Pembimbing I : Haniā€™ah, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran audio-visual yang digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran cerita rakyat serta pemahaman siswa dalam pembelajaran cerita rakyat. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V di SDN Demangan 1 Bangkalan pada mata materi cerita rakyat, pelaksanaan penelitian ini dimulai pada bulan Maret sampai dengan Agustus 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa data hasil observasi secara berturut-turut selama berlangsungnya proses pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh peneliti selaku observer, kemudian penelitian ini juga menggunakan hasil wawancara yang dilakukan pada guru kelas dan siswa kelas V SDN Demangan 1 Bangkalan untuk mendapatkan data akurat dan hasil yang maksimal. Setelah dilaksanakan observasi dan wawancara maka dapat diketahui dalam pemanfaatan media audio-visual terdapat strategi pemanfaatannya diantaranya yaitu strategi sebelum menggunakan media, selama menggunakan dan kegiatan tindak lanjut. Dan juga terdapat keuntungan pemanfaatan media audio-visual serta kendala pemanfaatan media audio-visual. Siswa dapat memahami isi cerita rakyat yang ditampilkan media audio-visual dengan menceritakan kembali isi cerita rakyat yang didalamnya menyebutkan tokoh, alur, watak, tema, latar dan amanat dan menjelaskan isi cerita rakyat dengan menjelaskan isi cerita rakyat secara runtut, tidak menambahkan isi cerita yang tidak sesuai dengan cerita.

    Abstraction

    This research aimed to examine the use of audio-visual learning media applied by teachers in learning activities folklore and understanding of students in learning folklore. This research was conducted at the fifth grade students at SDN Demangan 1, Bangkalan. It was focused on folklore lesson. The implementation of the research started in March to August 2015. This research uses descriptive qualitative research design. Instruments used in research is the data of observation during the learning process in class conducted by researcher as an observer, then this research also uses the results of interviews conducted on classroom teachers and the fifth grade students of SDN Demangan 1 Bangkalan to obtain accurate data and maximum results Having conducted observations and interviews, it can be concluded that the use of audio-visual media has exploiting strategies among the strategy before using the media, during use, and further activity. There are also advantages and constraints of the utilization of audio-visual media. Students can understand content of folklore who displayed an audio-visual media to rerecount the content of folklore that mention character, plot, character, theme, background and mandate, and explain the content of folklore in a coherent, do not add the contents of the story that does not fit the story.

Detail Jurnal