Detail Karya Ilmiah
-
Perbandingan Hasil Belajar Cooperative Learning Metode Group Investigation dan Think Pair Share Pada Tema Berbagai Pekerjaan SDN Demangan 1 BangkalanPenulis : Dwi Indah RahayuingsihDosen Pembimbing I : Eva Ari Wahyuni, S.Pd., M.SiDosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.SiAbstraksi
Penelitian “Perbandingan Hasil Belajar Cooperative Learning Metode Group Investigation dan Think Pair Share Pada Tema Berbagai Pekerjaan SDN Demangan 1” bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa kognitif. Penelitian dilakukan di SDN Demangan 1 Bangkalan pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan Sub Tema 3 Pekerjaan Orang Tuaku Pembelajaran 1. Metode penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan Pretest-Postet control group design dengan dua macam perlakuan yang berbeda di dua kelas eksperimen. Sampel yang digunakan adalah Kelas IVA dan IVB. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Tes Hasil Belajar (THB) objektif sebanyak 20 soal dan lembar observasi yang terdiri dari keterlaksanaan pembelajaran dan aktivasi siswa. Uji-t Pretest kedua kelas menyatakan bahwa H0 diterima dengan thitung 0,2153 dan ttabel 1,997, sehingga tidak terdapat perbedaan hasil belajar kelas GI dan TPS. Sedangkan, uji-t Postest kedua kelas menyatakan bahwa H0 ditolak dengan thitung 2,0991dan ttabel 1,997, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar kelas GI dan TPS. Dari uji gain ternormalisasi (g) peningkatan hasil belajar TPS lebih baik dari metode GI, dengan nilai (g) kelas TPS 0,63 lebih besar dari nilai (g) GI 0,48.
AbstractionA Study about “Cooperative Learning Result Comparison of Group Investigation and Think Pair Share Method in The Theme of Various Jobs at Demangan 1 State Elementary School” is aimed to understand the learning result comparison of cognitive student. This study is conducted at Demangan 1 Elementary School Bangkalan at the Theme 4 Various Jobs Sub Theme 3 My Parents Job Learning 1. The methode of this study is Quasi Experimental Design with Pretest-Postes control group design by using two different treatments in two experimental classes. The sample that is used fourth class (A and B). The instrument of this study is objective Learning Result Test (THB) with 20 multiple choice questions and observation sheets which are composed of implemented learning and student activation. The Pretest of t-test of the two classes states that H0 is accepted with tcount 0,2153 and ttable 1,997, so that there is no learning result difference between GI class and TPS. Whereas, the Postest of t-test of the two classes states that H0 is rejected with tcount 2,0991and ttable 1,997, so that there is a difference of learning result between GI class and TPS. From the normalized gain test (g), the improving learning result of TPS is better than GI method with the value (g) of TPS class is 0,63 which is higher than the value (g) of GI that is 0,48.