Detail Karya Ilmiah

  • Kemampuan Membaca Intensif Siswa Dalam Mengungkapkan Ide Pokok Paragraf Kelas V SDN Socah 4,
    Penulis : Moh. Iyat.
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd.,M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Mujtahidin, S.Pd.,M.Pd.
    Abstraksi

    Pembelajaran bahasa Indonesia sangat penting untuk mengasah pondasi daya nalar siswa Sekolah Dasar. Karena keahlian yang harus dimiliki siswa Sekolah Dasar adalah harus bisa membaca, menulis, dan berhitung. Membaca merupakan suatu bagian dari kecakapan berbahasa Indonesia. Membaca intensif merupakan salah satu jenis membaca dalam hati yang bertujuan untuk memahami secara mendalam bahan yang dibaca. Kemampuan membaca intensif siswa merupakan keahlian siswa dalam mengungkapkan ide pokok paragraf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca intensif siswa dalam mengungkapkan ide pokok paragraf. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Socah 4, kecamatan Socah, kabupaten Bangkalan, dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 22 siswa tahun ajaran 2016/2017. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi yaitu hasil analisis jawaban wawancara yang disertai beberapa pertanyaan paragraf, wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V SDN Socah 4 sudah mampu mengungkapkan ide pokok paragraf melalui membaca intensif dengan baik. Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Membaca Intensif, Ide Pokok Paragraf.

    Abstraction

    The Learning of Indonesian is very important to improve the foundation of the elementary school student’s reasoning power. Since the skill that must be owned by elementary school students is to be able to read, write, and count. Reading is a part of Indonesian language ability. Intensive reading is one of reading type without any sound that aims to understand in depth of the material being read. The student’s intensive reading ability is the student's skill in expressing the main idea of the paragraph. This study aims to determine the student’s intensive reading ability in expressing the main idea of the paragraph. This research applies descriptive qualitative research. This research was conducted at 4 Sorcha State Elementary School, Sorcha, Bangkalan, using research subject the fifth grade which amounted to 22 students of academic year 2016/2017. The data collection used documentation which included the analysis of the result of the interview accompanied by several questions paragraphs, interviews, and observation. Based on the result of the research, it can be concluded that the students of fifth grade of 4 Sorcha State Elementary School have been able to express the basic idea of the paragraph through intensive reading well. Keywords: Learning Indonesian, Intensive Reading, Main Idea of Paragraph.

Detail Jurnal