Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Peran (Role-Playing) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tema "Sehat Itu Penting" Kelas V SDN Demangan 1 BangkalanPenulis : RIZKA AINUN JARIYAHDosen Pembimbing I : Eva Ari Wahyuni, S.Pd., M.SiDosen Pembimbing II :Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.SiAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran pendekatan saintifik dengan metode bermain peran (role-playing) pada pembelajaran tema “sehat itu penting” kelas V SDN Demangan 1 terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk True Experimental Design yang terdapat dua kelompok dan dipilih secara random. Kelas eksperimen dengan pembelajaran pendekatan saintifik menggunakan metode bermain peran dan kelas kontrol dengan pembelajaran pendekatan saintifik menggunakan metode diskusi-ceramah. Pada pengujian kenormalan dan homogenitas kedua sampel, dikatakan bahwa sampel berasal dari siswa yang berdistribusi normal dan varians homogen. Pada pengujian kesamaan dua rata-rata nilai pretest motivasi dan hasil belajar siswa, dikatakan motivasi dan hasil belajar awal siswa kedua sampel adalah sama. Pengujian hipotesis postest motivasi belajar kedua sampel diperoleh nilai thitung = 6,379 > ttabel = 1,999. Pengujian hipotesis hasil belajar postest diperoleh nilai thitung = 4,077 > ttabel = 1,999 dengan taraf signifikan a = 0,05, terdapat perbedaan antara motivasi dan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan pembelajaran saintifik metode bermain peran pada pembelajaran tema “sehat itu penting” dapat mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa.
AbstractionThis study is aimed to understand about the influence of scientific approach learning by using role playing method in the theme learning of “healthy is important” of class V at Demangan 1 state elementary school toward the student motivation and learning result. This study is an experimental study in a kind of True Experimental Design which has two groups that are chosen randomly. The experimental class with the scientific approach learning using role playing method and the control class with the scientific approach learning using communicative discussion. In the normalized test and homogeneity of the two samples, it can be stated that sample comes from the students who are normally distributed and included into homogenous variant. In the similarity two average test of student motivation and learning result value, it is stated that the early student motivation and learning result of the two samples are equal. From the postest hypothesis test of student motivation and learning result for the two samples, it is obtained a value of tcount = 6,379 > ttable = 1,999. From the postest hypothesis test of learning result is obtained a value of tcount = 4,077 > ttable = 1,999 with the significancy level of a = 0,05, there is a difference between student motivation and learning result of experimental class and control class. It can be concluded scientific approach learning of role playing method in the theme learning of “healthy is important” can influence the student motivation and learning result.