Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SIAGA BENCANA VULKANIK DI INDONESIA STUDI KASUS DI SDN SUGIHWARAS 2 KECAMATAN NGANCAR KABUPATEN KEDIRI
    Penulis : DWI SULISTYANINGSIH
    Dosen Pembimbing I : EVA ARI WAHYUNI, S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :BADRUD TAMAM, S. Si., M.Pd.
    Abstraksi

    Dwi Sulistyaningsih. NIM 110611100079. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Siaga Bencana Vulkanik Di Indonesia Studi Kasus di SDN Sugihwaras 2 Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I Eva Ari Wahyuni, S. Pd, M. Si, pembimbing II Badrud Tamam, S.Si., M.Pd.. ABSTRAK Indonesia merupakan Negara yang memiliki kerentaan terhadap bencana alam. Indonesia juga terdapat pegunungan vulkanik tua. Kondisi tersebut menyebabkan sebagian daerah di Indonesia memiliki kerentaan terhadap beberapa bencana salah satunya di Kabupaten Kediri yang memiliki kerentaan terhadap gunung meletus. Sekolah merupakan tempat yang sangat rawan terhadap bencana karena di sekolah terdapat siswa. Sehingga perlu pendidikan siaga bencana agar anak-anak memiliki sikap sigap dan reaktif terhadap bencana. Pengembangan perangkat pembelajaran siaga bencana vulkanik merupakan salah satu alternatif untuk menyiapkan siswa dalam menghadapi bencana. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4-D dan uji coba produk dilakukan di SDN Sugihwaras 2 Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Subjek coba ada penelitian ini adalah siswa kelas V. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, kuisoner, dan tes. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan persentase kelayakan perangkat pembelajaran menurut ahli desain intruksional pembelajaran mencapai 90,22% dan kelayakan materi dalam LKS mencapai 93,75% berdasarkan hasil tersebut menunjukkan perangkat perangkat pembelajaran siaga bencana vulkanik sangat valid. Efektivitas perangkat pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran siaga bencana vulkanik ditinjau dari proses pembelajaran mencapai 88,8%. Hasil belajar siswa ketuntasan belajar klasikalnya mencapai 88,8%. Kata kunci : Perangkat pembelajaran, Siaga Bencana Vulkanik, Model pembelajaran 4D

    Abstraction

    Dwi Sulistyaningsih. NIM 110611100079. The development of set learning disaster preparedness volcanic in Indonesia at SDN Sugihwaras 2 Ngancar Kediri. Thesis, Educational Program’s Teacher of Elementary School. Teacher Training and Educational Faculty, Trunojoyo Madura University. Advisor I Eva Ari Wahyuni, S. Pd, M. Si, Advisor II Badrud Tamam, S.Si., M.Pd.. ABSTRAK Indonesia is a state that susceptible of nature disaster. There are also old volcanic mountain in Indonesia. This condition cause some of area in Indonesia is susceptible of disaster, like Kediri Residence that suscetible of mountain eruption. School is a anxious place of disaster because there are student at school. education is needed so that student have capable attitude and reactive to disaster. Development instructional set of prepared volcanic disaster was one of alternative that prepare student to face disaster. This research used development 4-d method and trialof product held in SDN Sugihwaras 2 Ngancar district, Kediri Residence. Trial subject for this research was student at V grade. Instrument of gathering data used cuosioner interview and test. Data analysis used qualitative descriptive analysis technic and quantitative descriptive. Result research show decent persentation of instructional set based on expert of learning instructional design reached 90,22% and decent of matery in LKS reached 93,75% based on this result show that instructional set of an education of volcanic disaster was very valid. The effectivity of instructional set used tool of an education volcanic disaster observed from instructional process reached 88,8%. Student learning outcome, the clasical learning outcome reached 88,8%. Key word: Tool of an education, prepared volcanic disaster, development 4-d method

Detail Jurnal