Detail Karya Ilmiah
-
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN DUDUKLOR KECAMATAN GLAGAH KABUPATEN LAMONGANPenulis : RIRIN HIDAYATIDosen Pembimbing I : PRIYONO TRI FEBRIANTO, S.Sos., M.Si.Dosen Pembimbing II :MUHAMMAD BUSYRO KARIM, S.Ag., M.Si.Abstraksi
Ririn Hidayati. 2015. Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Pada Mata Pelajaran IPS di SDN Duduklor Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I: Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si. Pembimbing II: Muhammad Busyro Karim, S.Ag. M.Si. ABSTRAK Pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal menuntut peserta didik untuk belajar dari kebudayaan, nilai dan norma yang ada di masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran IPS di SDN Duduklor Glagah Lamongan dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, objek penelitian yaitu kepala sekolah dan guru kelas I sampai dengan kelas VI di SDN Duduklor. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian, yaitu: (1) strategi pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal cocok diterapkan dalam KTSP sebagaimana amanah kurikulum tersebut, (2) penerapan strategi pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal memerlukan beberapa perangkat pendukung seperti adanya sekolah yang memadai, guru yang berkompeten, siswa yang berkompeten, masyarakat yang mendukung, sumber daya alam yang dapat dikembangkan, dan sarana maupun prasarana yang baik, (3) penerapan pembelajaran menggunakan strategi kontekstual berbasis kearifan lokal di SDN Duduklor pada mata pelajaran IPS cukup baik. Kata Kunci: Strategi Kontekstual, Kearifan Lokal, IPS SD
AbstractionRirin Hidayati. 2015. The Application of Contextual Learning Strategy On The Basis of Local Wisdom at Social Studies Subject in SDN Duduklor Glagah, Lamongan. Undergraduate Thesis, Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor I: Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si. Advisor II: Muhammad Busyro Karim, S.Ag. M.Si. ABSTRACT Social studies teaching on the basis of local wisdom demand students to learn from culture, value, and norm which are exist in the society. This study is attempted to know and describe the application of contextual learning strategy on the basis of local wisdom at social studies subject in SDN Duduklor Glagah Lamongan by using descriptive qualitative research. The objects of the study are the headmaster and teachers of class I to class VI in SDN Duduklor. The techniques of data collection are using interview, observation, and documentation. Data analysis is using data reductions, data displays, and data verifications. The test of validity data is using data triangulation. The results of the study are: (1) contextual learning strategy on the basis of local wisdom is appropriate to be applied in KTSP as the instruction of that curriculum, (2) the application of contextual learning strategy on the basis of local wisdom needs some supporting sets of equipment, such as adequate schools, competent teachers, competent students, encouraged societies, amendable natural resources, and good infrastructures, (3) the application of learning by using contextual strategy on the basis of local wisdom in SDN Duduklor at social studies subject is good enough. Keywords: Contextual Strategy, Local Wisdom, Subject IPS of Elementary School