Detail Karya Ilmiah
-
IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP CAHAYA DI SDPenulis : M. Deny FalahiDosen Pembimbing I : Badrud Tamam, S.Si., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si.Abstraksi
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis miskonsepsi yang di alami oleh siswa pada materi cahaya di SD.Teknik pengambilan data melalui tes pilihan ganda dengan alasan yang sudah ditentukan oleh penulis. Siswa mengerjakan soal disertai dengan CRI (Certainty of Index) atau keyakinan jawaban. Berdasarkan hasil tes, siswa di bagi menjadi 3 kategori, yaitu tahu konsep, tidak tahu konsep, dan miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CRI dapat dengan mudah membedakan siswa yang memahami konsep, mengalami miskonsepsi, maupun tidak tahu konsep. Adapun profil miskonsepsi yang di miliki seluruh siswa dari ketiga SD tempat penelitian dengan rata-rata lebih dari 40% adalah sebagai berikut: 1) Bulan menghasilkan cahaya sendiri dan cahaya bulan hanya terpancar di malam hari saja 52,8%; 2) lilin bukan sumber cahaya dikarenakan lilin tidak dapat memancarkan cahaya secara terus menerus seperti matahari 46,09%; 3) kertas putih HVS dan kain putih adalah benda bening 46,53%; 4) bayangan pada tirai putih termasuk contoh peristiwa cahaya menembus benda bening 45,75%; 5) cahaya memerlukan medium dalam perambatannya 48,42%; 6) cahaya baur dapat terjadi pada semua permukaan 40,27%; 7) tembok tidak dapat memantulkan cahaya karena bukan cermin 67,7%; 8) benda dapat terlihat karena adanya cahaya memantul dari mata ke benda 62,5%; 9) benda berwarna putih dalam ruangan gelap dapat memancarkan cahaya meski tidak ada pantulan cahaya dari luar ruangan karena memiliki warna yang terang 53%; 10) warna yang terlihat pada benda adalah warna yang diserap oleh benda 43,1%; 11) tahapan proses terjadinya pelangi hanya dibentuk dari hasil pembiasan cahaya melalui butiran-butiran air 64,8% Kata Kunci: Miskonsepsi, Cahaya, Certainty of Index (CRI)
AbstractionABSTRACT The purpose of this study was to determine the types of misconceptions experienced by students on the light in the material SD.Teknik data retrieval through a multiple-choice test on the grounds specified by the author. Students work on the problems accompanied with CRI (Certainty of Index) or beliefs answers. Based on test results, students are divided into three categories, namely the idea of ??the concept, did not know the concept, and misconceptions. The results showed that the CRI can easily distinguish students who understand the concept, experiencing misconceptions, or do not know the concept. The profiles have the misconception that all students from three elementary school where the study with an average of more than 40% are as follows: 1) the Moon produces its own light and moonlight just radiates at night only 52.8%; 2) wax candle instead of a light source due can not emit light continuously as the sun 46.09%; 3) white paper HVS and white fabric is translucent objects 46.53%; 4) a shadow on the white curtains including examples incident light passes through translucent objects 45.75%; 5) requires the medium in the light propagation 48.42%; 6) diffuse light can occur at the surface of 40.27%; 7) the walls can not because it is not a mirror to reflect light 67.7%; 8) objects can be seen because the light bounces off the object to the eye 62.5%; 9) white colored objects in a dark room can emit light even though there is no reflection of light from the outdoors because it has bright colors 53%; 10) the colors are visible on the body is the color that is absorbed by the objects of 43.1%; 11) stages of the process of the rainbow just formed from the result of the refraction of light through water droplets 64.8% Keywords: Misconceptions, Light, Certainty of Index (CRI)