Detail Karya Ilmiah

  • Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Melalui Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sekitar (Studi Kasus di SDN Pejagan 6 Bangkalan)
    Penulis : Maulina Wardani
    Dosen Pembimbing I : Hani'ah, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Ira Fatmawati, S.S., M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya, kendala-kendala, dan kemampuan menulis karangan deskriptif yang dihadapi guru dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskriptif berbasis lingkungan sekitar siswa kelas IV SDN Pejagan 6 Bangkalan. Pembelajaran berbasis lingkungan sekitar berhubungan dengan kurikulum sekolah Adiwiyata. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kejadian yang terjadi selama proses penelitian berlangsung. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi, dan analisis datanya adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan pembelajaran berbasis lingkungan sekitar menunjukkan bahwa, siswa lebih mudah untuk menggali ide sebagai bahan pokok karangan deskriptif dengan mengamati keadaan lingkungan sekitar. Kemampuan siswa pada pembelajaran berbasis lingkungan berpengaruh pada hasil belajar menulis deskriptif siswa kelas IV SDN Pejagan 6 Bangkalan. Hal tersebut dapat dilihat dari penilaian berdasarkan pedoman penskoran yang telah ditentukan. Aspek yang dinilai meliputi kesesuian judul dengan isi saling berkaitan, pemilihan kata yang bervariasi, penggunaan bahasa dan ejaan yang benar, kepaduan antara kalimat dan paragraf, dilihat dari kerapian tulisan, penggunaan pancaindera, dan penulisan terpusatkan pada objek yang ditulis. Respon siswa kelas IV SDN Pejagan 6 Bangkalan, pembelajaran berbasis lingkungan sekitar menunjukkan bahwa, siswa lebih senang belajar, bersemangat sehingga membuat siswa lebih aktif serta memotivasi belajar menulis deskriptif. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Lingkungan, Menulis Karangan Deskriptif

    Abstraction

    ABSTRACT The purpose of the study is to constraints, and the ability to write a descriptive essay faced by teacherin improving writing skills on on the surronding environment. Repited to the school curriculum Adiwiyata. This resourch is a study using qualitative approach descriptive with the aim to describe the eventsthat occured during the study process. Date collection method using observation, technique of depth-observation on students and teacher activity during the learning process, is applied as the instrument. In-depth structured interview to teacher and data analysis is qualitative. It can be concluded based learning application environment show that. Students are more easy to explore the ideaas a staple bouquer descriptive observing the state of the environment. The ability of the students in the learning environment based around an effect on learning outcomes for fourth grade students to writing descriptive SDN Pejagan 6 Bangkalan. This can be seen from the assessment based on a predetermined scoring guidelines. Aspects assessed include suitability title with contents related to each other, a varied choice of words, the use of language and correct spelling, cohesion between sentences and paragraphs, views and neatness of writing, the use of the senses, and writing centered on the object is written. Response fourth grade students of SDN Pejagan 6 Bangkalan, the surrounding environment based learning shows that students are more excited to learn, eager to make students more active and can motivate learning to write descriptive. Keywords:descriptive writing based learning environment

Detail Jurnal